Sewa Genset Pekanbaru -Permintaan generator portabel telah meningkat secara substansial dalam beberapa tahun terakhir. Ada banyak sekali alasan untuk peningkatan ini. Generator portabel darurat dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi individu dan komunitas, membantu menyelamatkan nyawa, dan mengurangi kesulitan yang disebabkan oleh bencana alam dan pemadaman listrik yang berkepanjangan. Konsumen harus, bagaimanapun, menyadari bahaya yang terkait dengan penggunaan generator listrik yang tidak tepat. Kami akan menyoroti beberapa di antaranya di paragraf berikut.

Generator Portabel Menghasilkan Karbon Monoksida Beracun

Karbon monoksida adalah gas yang tidak berbau dan tidak berwarna yang dibuang ke knalpot generator. Menghirup karbon monoksida sering kali mematikan, dan sejumlah kematian terjadi setiap tahun akibat penggunaan generator oleh konsumen.

Pada tahun 2004, Komisi Keamanan Produk Konsumen (CPSC) mempelajari kematian akibat penggunaan generator setelah empat badai besar yang melanda daratan di negara bagian Florida. Menyalakan AC dan peralatan lainnya selama jam malam adalah faktor utama yang diidentifikasi dalam kematian terkait generator dalam studi CPSC Florida, dan dalam setiap kasus yang dikutip, lokasi generator portabel yang tidak tepat menjadi kunci dari hasil yang tragis. Pada tahun 2000, dua anak yang berenang di belakang rumah kapal keluarga di Danau Powell di Utah tenggelam setelah kehilangan kesadaran ketika generator portabel di bawah dek renang menghasilkan asap berbahaya. Sekali lagi, penempatan generator yang digunakan konsumen yang tidak direncanakan dengan baik disebut-sebut sebagai penyebab utama tragedi tersebut.

Karena banyak insiden serupa, Komisi Keamanan Produk Konsumen mengumumkan pada bulan Desember 2006 bahwa semua generator baru yang dijual setelah Maret 2007 dibubuhi label yang mencantumkan data teknis dan kinerja, selain peringatan berikut:

“Menggunakan generator di dalam ruangan DAPAT MEMBUNUH ANDA DALAM MENIT. Knalpot generator mengandung karbon monoksida. Ini adalah racun yang tidak dapat Anda lihat atau cium. JANGAN PERNAH menggunakan (generator) di dalam rumah atau garasi, MESKIPUN pintu dan jendela terbuka. HANYA digunakan di luar dan jauh dari jendela, pintu, dan ventilasi. ”

CDC melaporkan bahwa generator portabel kecil akan menghasilkan tingkat karbon-monoksida dari enam mobil yang menganggur, sebuah kenyataan yang mengejutkan banyak konsumen. Kadar karbon monoksida dapat ditambah dengan penggunaan generator karena gasnya berat dan cenderung berlama-lama, sehingga sulit untuk dikeluarkan dari area yang terinfeksi. Ini berarti generator tidak pernah aman untuk digunakan di dalam ruangan, termasuk di dalam garasi terbuka, dan selama pengoperasian generator harus ditempatkan sejauh mungkin dari unit atau bangunan tempat tinggal. Khususnya, pengoperasian di dekat jendela, pintu kasa, ventilasi, dan saluran AC harus dihindari. Operator juga harus memperhatikan arah angin, dan menemukan generator sehingga arus udara yang ada membawa asap dari bangunan atau tempat tinggal terdekat.

Meskipun semua generator portabel menghasilkan karbon monoksida, model tertentu menghasilkan emisi CO lebih sedikit daripada yang lain. Misalnya, generator yang dilengkapi dengan mesin katup bagian atas (OHV), desain standar dalam model modern, menghasilkan emisi karbon monoksida yang lebih sedikit daripada model yang menggunakan mesin katup samping dan mesin pushrod yang lebih tua. Setiap konsumen yang berniat menggunakan generator portabel di lokasi dengan aliran udara terbatas harus mencari model yang menghasilkan emisi sesedikit mungkin.

Generator Portabel harus Kering dan Bebas dari Puing

Penggunaan generator portabel darurat yang aman membutuhkan perencanaan. Karena generator portabel sering digunakan dalam cuaca buruk, atau pada malam hari ketika jarak pandang terbatas, memahami bagaimana dan di mana harus menggunakannya terlebih dahulu sangatlah penting. Yang terbaik adalah mengoperasikan generator hanya di area terbuka, dan, jika memungkinkan, di lokasi di mana generator akan dilindungi dari puing-puing yang berjatuhan seperti dedaunan dan ranting, dan dari tiupan hujan, hujan es, atau salju. Generator portabel tidak boleh basah selama pengoperasian. Seorang operator juga tidak boleh berdiri di air atau di tanah yang lembab saat dia menyalakan generator portabel. Generator portabel harus selalu diarde sesuai dengan rekomendasi produsen. Metode pengardean berbeda-beda menurut model generator, tetapi secara umum generator harus dihubungkan ke benda logam tetap (misalnya, pipa air dingin – keran untuk selang atau alat penyiram di bagian luar rumah dapat menjadi pilihan yang efektif untuk penggunaan generator. ).

Jika puing-puing berat jatuh ke mesin generator portabel, menutupinya atau membatasi aliran udara, unit dapat menjadi terlalu panas, menghasilkan tingkat panas yang berbahaya yang dalam kasus ekstrem bahkan dapat menyulut serpihan. Jika memungkinkan, operator harus mengeluarkan kotoran yang tidak diinginkan dari generator menggunakan udara bertekanan daripada mengeluarkan kotoran dengan tangan.

Kami merekomendasikan menempatkan generator portabel di atas bantalan beton yang berjarak setidaknya 15 kaki dari semua tempat tinggal atau bangunan. Idealnya, atap kecil harus menutupi bantalan, meninggalkan jarak minimal tiga kaki di semua sisi generator untuk keperluan ventilasi. Lokasi generator lain yang disarankan adalah di bawah kanopi, atau di dalam gudang atau carport terbuka atau berventilasi baik.

Generator Portabel harus Terhubung dengan Benar

Generator portabel tidak boleh dihubungkan langsung ke sistem kelistrikan perumahan (mis., Stopkontak dinding). Peranti harus dicolokkan langsung ke stopkontak generator, atau ke kabel ekstensi siap-generator (sering disebut pada kemasan sebagai “kabel generator”). Karena generator portabel akan ditempatkan di luar ruangan, operator perlu memastikan bahwa kabel ekstensi apa pun yang digunakan telah sesuai dengan peringkat produsen untuk penggunaan di luar ruangan, dan kabel tersebut memiliki pengesahan Underwriters Laboratories untuk watt maksimum yang dihasilkan oleh model generator. Jika memungkinkan, operator juga harus menghindari perutean kabel ekstensi dengan cara yang dapat menimbulkan bahaya tersandung atau menutupi kabel ekstensi dengan karpet atau bantalan yang mudah terbakar yang dapat menyebabkan penumpukan panas dan bahkan mungkin kebakaran. Perhatian khusus harus diberikan saat menggunakan kabel ekstensi dalam kondisi basah. Jika kabel ekstensi panas saat disentuh, berarti kelebihan beban dan harus diganti atau bebannya dikurangi. Operator harus secara berkala memeriksa semua kabel ekstensi dari keretakan, pemotongan, retakan, kabel terbuka, dan kerusakan steker, dan mengganti kabel yang telah rusak. Seorang operator harus selalu menyalakan generator portabel sebelum menghubungkan beban ke itu (ini benar apakah peralatan akan dihubungkan langsung atau melalui kabel ekstensi), dan ketika menghubungkan peralatan, operator harus terlebih dahulu menghubungkan yang dengan watt tertinggi.

Daripada menyambungkan peralatan ke generator portabel secara langsung atau melalui kabel ekstensi, pengguna mungkin ingin menggunakan sakelar transfer listrik (yang harus dipasang oleh teknisi listrik berlisensi atau seseorang yang mengetahui kode bangunan di area operator). Sakelar transfer berfungsi sebagai jembatan antara generator dan panel pemutus arus utama sebuah bangunan atau tempat tinggal. Hal ini memungkinkan generator portabel mengirimkan daya secara langsung dan aman ke sistem kelistrikan rumah. Kode Kelistrikan Nasional (700-6) menetapkan bahwa peralatan transfer harus dirancang dan dipasang untuk mencegah interkoneksi yang tidak disengaja dari sumber daya normal dan darurat. Dengan kata lain, sakelar transfer listrik perlu menghentikan masalah yang berpotensi mematikan yang dikenal sebagai umpan balik – listrik yang dibuat oleh generator rumah yang memasuki saluran listrik luar di mana ia menimbulkan risiko sengatan listrik bagi pekerja perusahaan listrik yang tidak curiga. Dalam upaya untuk memastikan bahwa peralatan transfer dipasang sesuai dengan kode, beberapa instansi pemerintah daerah mewajibkan pemasang memperoleh izin sebelum pemasangan. Teknisi listrik yang berkualifikasi akan tahu kapan izin diperlukan, dan bagaimana cara mendapatkannya. Satu jenis sakelar transfer, yang disebut sebagai kutub ganda, model lemparan ganda, tidak akan bekerja kecuali daya utilitas luar telah diputuskan dengan aman. Model semacam ini adalah cara terbaik untuk memastikan bahwa aturan keselamatan dipatuhi.

Operator perlu mengingat hal lain: Karena pekerja utilitas benar-benar rentan saat bekerja di jalur putus-putus, jalur yang mereka yakini tidak memiliki listrik, banyak kota telah mengkriminalisasi penggunaan generator portabel dan rumah yang sembrono. Pelanggar dapat dikenakan denda yang berat, dan bahkan penahanan jika terbukti bersalah. Penggunaan generator portabel atau rumah yang tidak tepat atau sembrono juga dapat membatalkan asuransi pemilik rumah jika terjadi kerusakan properti atau cedera diri. Mengingat jumlah kekurangannya, melibatkan teknisi listrik berlisensi untuk memasang peralatan transfer adalah investasi yang baik.

Operator harus berhati-hati agar tidak membebani generator portabel. Selain watt yang sedang berjalan, semua generator memiliki peringkat watt maksimum atau lonjakan, cadangan daya yang dimaksudkan untuk menghidupkan motor peralatan, dan tidak tersedia selama lebih dari beberapa detik pada satu waktu. Selama penggunaan normal, peralatan yang terhubung ke generator tidak boleh mengonsumsi lebih dari 80% dari watt berjalan maksimum generator. Ini mengurangi kemungkinan kerusakan yang tidak diinginkan atau panas berlebih. Watt yang digunakan oleh suatu peralatan sering kali dicantumkan pada pelat data yang dipasang di bagian belakang atau bawahnya. Jika pelat data tidak dapat ditemukan, pengukur watt yang disisipkan di antara peralatan dan stopkontak adalah cara yang baik untuk menentukan kebutuhan watt yang tepat. Daftar watt rata-rata yang digunakan oleh banyak peralatan rumah tangga biasa juga tersedia di situs web kami. Daftar seperti kami tidak dimaksudkan untuk menjadi komprehensif; akan tetapi, daftar tersebut memberikan beberapa indikasi tentang jumlah dan ukuran peralatan yang harus diberikan oleh model generator portabel atau rumah tangga dengan aman.

Tips Keamanan Lainnya untuk Generator Portabel

Generator portabel menggunakan 12 hingga 18 galon bensin per hari; karena alasan ini, pemadaman listrik yang berkepanjangan akan membutuhkan cadangan bahan bakar yang besar. Bensin, solar, dan bahan bakar lain yang dibakar oleh generator portabel sangat mudah terbakar, dan menyimpan sejumlah besar bahan bakar tersebut dapat berbahaya jika dilakukan secara sembarangan. Kami merekomendasikan bahwa bensin disimpan dalam wadah yang memenuhi persyaratan American National Standards Institute (ANSI), serta persyaratan negara bagian yang berlaku (negara bagian California, misalnya, memiliki persyaratan yang lebih ketat yang disebut “CARB”). ANSI mengoordinasikan pengembangan dan penerapan standar keselamatan sukarela oleh pabrikan Amerika Serikat. Penampung yang sesuai dengan ANSI akan selalu ditandai seperti itu dengan jelas.

Dianjurkan untuk menggunakan stabilizer, seperti STA-BIL, pada bensin atau solar yang akan disimpan untuk keperluan darurat. Umur simpan gas pompa kira-kira enam bulan, dan untuk solar, kira-kira satu tahun. Stabilizer sering kali dapat menggandakan umur simpan efektif bahan bakar. Beberapa stabilisator dapat memberikan bensin dengan masa pakai hingga dua tahun, dan solar jauh lebih lama. T-REX merekomendasikan bahwa, idealnya, suplai bensin digunakan dan diganti setiap tahun. Merupakan praktik yang baik untuk menggunakan bahan bakar yang disimpan untuk penggunaan darurat pada peralatan bertenaga gas lainnya – seperti gergaji mesin dan mesin pemotong rumput, ATV, atau sepeda motor. Ini menjamin bahwa pasokan bahan bakar terisi kembali, dan bensin selalu siap digunakan saat dibutuhkan. Disarankan untuk menambahkan beberapa liter oli, udara dan filter bahan bakar, serta busi.

Tidak boleh ada api terbuka di dekat generator portabel selama pengoperasian. Api, termasuk rokok yang menyala, juga harus dijauhkan dari sumber bahan bakar generator. Secara khusus, lilin tidak boleh digunakan untuk memberikan penerangan saat menyiapkan generator untuk pengoperasian atau menyalakannya.

Generator portabel tidak boleh mengisi bahan bakar saat beroperasi. Jika memungkinkan, pengisian bahan bakar harus dilakukan setelah mesin genset dibiarkan dingin, untuk mencegah kebakaran yang tidak disengaja jika bahan bakar bersentuhan dengan permukaan yang panas. Untuk menghindari tumpahan bahan bakar, selalu bijaksana untuk menyimpan corong di samping generator yang dapat digunakan untuk menuangkan bahan bakar dan kain lap untuk membersihkan tumpahan. Anda juga disarankan untuk membawa senter dan alat pemadam kebakaran dalam jangkauan.

Menjaga generator portabel dalam kondisi kerja yang baik penting untuk memastikan generator beroperasi secara efisien dan aman saat dibutuhkan. Sebagian besar pabrikan menganjurkan agar generator portabel atau rumah dihidupkan dan dibiarkan berjalan selama lima menit setiap tiga bulan untuk memastikan bahwa mereka tetap siap digunakan. Selama waktu henti, tangki bahan bakar harus tetap penuh (diisi ulang). Ini mencegah kondensasi menumpuk di dalam tangki, dan mengencerkan bahan bakar. Bahan bakar jenuh air dapat menyebabkan masalah start, dan mesin mungkin tersendat selama pengoperasian. Sayangnya, hanya sedikit orang yang membeli generator portabel untuk kebutuhan listrik darurat yang memperhatikan saran sederhana ini. Mengabaikannya dapat berarti generator tidak akan beroperasi pada saat paling dibutuhkan. Kami juga menyarankan pemilik genset agar unitnya diservis setiap tahun oleh teknisi yang berkualifikasi.

Ini adalah praktik yang baik untuk menjauhkan anak-anak kecil dari generator portabel. Meskipun generator dioperasikan di tempat yang aman dan berventilasi baik, bagian mesinnya dapat menjadi panas terbakar selama penggunaan normal.

Akhirnya, model generator portabel tertentu lebih aman daripada yang lain. Generator darurat tidak dimaksudkan untuk penggunaan sehari-hari, tetapi dibuat untuk memberikan daya sesekali secara terus menerus dalam keadaan darurat, atau selama bencana alam atau pemadaman listrik. Model yang tidak mahal bisa lebih rentan dibandingkan merek terkenal terhadap kegagalan panas, dan kegagalan panas dalam kasus ekstrim dapat menyebabkan kebakaran. Ada banyak genset murah di pasaran – sementara murah bukan berarti buruk atau tidak dapat diandalkan, merek dengan harga lebih rendah mungkin tidak bertahan lama, atau seaman, seperti rekan mereka yang harganya lebih tinggi.

Ringkasan

Berikut adalah daftar ringkasan tip keselamatan untuk operator generator portabel:

o Operator harus selalu membaca instruksi pengoperasian atau manual pengguna sebelum memulai atau menggunakan generator portabel. Untuk hasil terbaik dan keamanan tertinggi, operator harus mematuhi petunjuk ini. Pemilik generator tidak boleh melepaskan stiker peringatan atau perangkat pengaman dari model mereka.

oSeorang pengguna harus terbiasa dengan suara generator portabelnya selama operasi normal. Hal ini memungkinkan identifikasi masalah yang cepat dan mudah selama penggunaan; Jika masalah terdeteksi, operator harus segera mematikan unit.

o Generator portabel harus digunakan hanya di luar ruangan dan sejauh mungkin dari jendela yang terbuka, AC, ventilasi, atau saluran AC.

oPengguna harus memeriksa arah angin untuk memastikan bahwa selama operasi, emisi gas buang terhembus dari gedung dan tempat tinggal.

o Harus ada banyak ventilasi di semua sisi generator portabel.

o Seorang pengguna harus mematikan listrik dan, jika memungkinkan, biarkan mendingin, generator portabel sebelum mengisi bahan bakar.

o Generator harus diservis setidaknya setiap tahun meskipun belum terlihat digunakan. Kecuali jika pemiliknya memenuhi syarat, sebaiknya hubungi spesialis untuk servis atau perbaikan generator.

By Embun