Sekarang, pembaca e-book adalah arus utama dan begitu juga beberapa format eBuku. Aplikasi membaca ebook mana pun yang Anda miliki di perangkat Android – penulis, pembaca, dan bahkan penerbit memiliki banyak opsi untuk dipilih dalam format e-book populer.

Apakah ini membingungkan? Terkadang.. tetapi tidak jika Anda meluangkan waktu untuk memahami perbedaan antara format file yang berbeda, terutama EPUB, MOBI, AZW, dan Format eBuku PDF.

Baca Juga : Free Download Ebook Epub Pdf Library Sites

EPUB

Format EPUB mungkin yang paling umum dari semua format dan didukung secara luas di semua platform. Sebagian besar eReader seperti Apple iBooks, Kobo, Adobe Digital Editions, Barnes & Noble’s Nook atau Aldiko di Android, antara lain (hampir 300) mendukung file.epub. Amazon Kindle sejauh ini tidak, tetapi mungkin akan segera berubah.

Yang dimaksud e-book sendiri adalah buku yang berbentuk elektronik atau digital yang berisi informasi atau panduan, tutorial, novel, layaknya buku pada umumnya. eBook (electronic book) ini hanya bisa dibuka dan dibaca dengan menggunakan perangkat gadget seperti komputer, tablet, dan handphone pintar. Tidak berbeda dengan buku cetak pada umumnya, ebook (buku digital) juga memuat tulisan dan gambar tentang berbagai topik seperti ebook teknologi, e-book sains, buku digital motivasi, buku tutorial dan ada banyak topik lainnya.

Di era digital ini, tentunya motivasi lebih banyak digunakan daripada buku cetak. Jika merujuk pada definisi e-book sebelumnya sebagai buku digital, dari segi penggunaan dan penyimpanannya akan lebih praktis sehingga banyak orang yang lebih memilih membeli buku digital daripada buku cetak

Baca Juga : Download Ebook Epub Pdf Library

Tujuan eBook

Seperti yang telah disebutkan pada definisi e-book sebelumnya, tujuan dari pembuatan buku elektronik adalah untuk memudahkan proses penyebaran informasi dan pembelajaran kepada para penggunanya.

Baca Juga : Download Ebook Pdf Full

Fungsi eBook

Fungsi e-book secara umum adalah sebagai alat pembacaan informasi secara digital melalui perangkat khusus. Umumnya pengguna buku digital adalah mereka yang memiliki literasi teknologi dan cenderung membeli e-book sebagai sarana pembelajaran. Berikut ini adalah fungsi buku elektronik bagi pengguna dan juga untuk provider:

  • Sebagai Media Belajar
    Saat ini banyak sekali orang yang membuat e-book yang berisi tentang ilmu, informasi dan tutorial di bidang tertentu. Topik bacaan dan informasi yang sering dijadikan e-book adalah tentang bisnis online, informasi kesehatan, tutorial blogging, panduan pemrograman, tutorial komputer dan hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, namun saat ini tidak hanya seputar teknologi saja.
  • Sebagai Sarana Informasi
    Saat ini, banyak pebisnis menawarkan buku digital gratis kepada pelanggan potensial mereka. Dengan memasukkan email, calon pelanggan dapat mengunduh ebook yang berisi informasi atau tutorial yang mereka butuhkan. Proses pembuatan dan pendistribusian buku elektronik ini sangat mudah karena bersifat digital. Oleh karena itu, e-book sangat cocok digunakan sebagai sarana informasi.

By masgi