Di bawah ini ada informasi terkait deretan pemikiran yang harus kamu buang agar skripsi kamu bisa cepat selesai:

 

1. Skripsi itu mudah

Memang benar adanya bahwa kita harus selalu berpikir positif dengan memandang bahwa skripsi bukanlah sesuatu yang sulit. Namun, jangan sampai kamu malah menganggap enteng skripsi ya. Karena jika kamu sudah memiliki pemikiran seperti ini, maka kamu mungkin akan mudah tergoda untuk menunda pengerjaan skripsi. Untuk itu, jauhkan pemikiran yang satu ini ya.

 

2. Waktu masih panjang

Walaupun kebijakan tiap kampus berbeda-beda, namun pengerjaan skripsi idealnya dibatasi waktu antara 6 bulan hingga satu tahun. Dengan tenggat waktu tersebut, kamu mungkin berpikir bahwa kamu punya waktu yang cukup banyak untuk mengerjakan skripsi. Dengan begitu, kamu menjadi mudah untuk menunda pengerjaan skripsi. Padahal ketika kamu sudah memasuki masa skripsi, waktu akan terasa berjalan begitu cepat lho.

 

3. Dosen pembimbing killer

Tak bisa dimungkiri, karakter dosen pembimbing menjadi salah satu penentu cepat atau tidaknya kamu dalam menyelesaikan skripsi. Tiap dosen tentu punya karakter berbeda-beda. Ada yang mudah ditemui dan perhatian, ada yang susah ditemui, bahkan ada juga yang hobi memberi revisi. Namun seperti apa pun karakteristik dosen yang membimbing kamu, kamu harus tetap menjalin hubungan yang baik dengannya.

Jangan sampai kamu berpikir negatif bahwa dosenmu killer, meski seandainya itu memang benar. Killer atau tidaknya dosen sebenarnya tergantung dari pemikiranmu kita sendiri. Asalkan kamu tetap berlaku baik dan berusaha mengerjakan skripsi dengan baik, yakinlah bahwa kamu tetap bisa menyelesaikannya tepat waktu.

 

4. Malas mencari referensi

Memang tidak semua orang suka membaca. Jangankan baca buku kuliah yang setebal kitab sejarah, membaca novel tipis saja mungkin tidak setiap orang merasa tak mampu. Tapi kalau sudah soal skripsi, mau tidak mau kamu harus banyak-banyak membaca.

Bagaimana kamu bisa menerangkan gagasanmu kalau kamu tidak terlalu paham dengan materi yang kamu terangkan. Untuk memahami materi, tentunya kamu harus banyak membaca referensi. Jika kamu ingin skripsi kamu cepat selesai, jauhkanlah pemikiran kamu untuk malas mencari referensi. Karena jika kamu malas untuk mencari referensi, maka skripsi kamu pun tidak akan terselesaikan.

5. Bertanya adalah sesuatu yang memalukan

Dalam mengerjakan skripsi, kita mungkin dihadapkan pada berbagai masalah, hal yang membingungkan, atau hal yang kurang dipahami. Dengan situasi seperti itu, bertanya bisa menjadi solusi yang tepat. Kamu bisa bertanya kepada orang yang dianggap mengerti permasalahan yang kamu hadapi, seperti dosen, teman sebagai, senior, alumni, atau bahkan adik kelas.

Sayangnya, beberapa orang mungkin masih merasa gengsi untuk bertanya atau bahkan berpikir bahwa bertanya adalah sesuatu yang memalukan. Padahal dengan bertanya, kamu bisa menjawab permasalahan tersebut dengan lebih cepat daripada harus mencari tahu semuanya sendiri. Untuk itu, kini kamu harus membiasakan guna menjauhkan pemikiran bahwa bertanya itu adalah sesuatu yang memalukan ya.

 

6. Kemampuan diri sendiri rendah

Jika ada sebagian orang yang kerap menganggap skripsi itu mudah, namun ada pula sebagian orang yang malah beranggapan sebaliknya. Jika kamu memiliki pemikiran bahwa kamu tidak memiliki kemampuan untuk bisa menyelesaikan skripsi, maka mulai sekarang jauhkanlah pemikiran tersebut. Percayalah bahwa kita semua punya peluang yang sama untuk menyelesaikan skripsi tepat waktu. Asalkan kita memiliki kemauan untuk terus berusaha.

 

7. Tidak punya banyak teman

Jangan salah, teman itu juga merupakan faktor yang menentukan skripsimu cepat kelar atau nggak . Semakin banyak teman, semakin banyak yang mendukung dan membantumu dalam mengerjakan skripsi. Nah, bagi kamu yang lagi berjuang menyelesaikan skripsi nggak ada salahnya kamu nyari temen sebanyak mungkin atau pun jasa skripsi kedokteran.

 

8. Menunggu teman tamat

Banyak yang telat menyelesaikan skripsi dikarenakan ingin menunggu teman tamat. Tentunya pemikiran seperti ini harus kamu buang jauh-jauh. Karena jika kamu masih menanamkan pemikiran seperti ini, maka kamu akan terbawa untuk malas mengerjakan skripsi kamu. Padahal kamu memiliki kemampuan untuk bisa menyelesaikannya tepat waktu. Tentu akan rugi bukan?

Itulah informasi yang bisa Mamikos bagikan terkait 8 pemikiran yang harus kamu buang agar skripsi kamu cepat selesai. Salah satu syarat yang harus dilalui oleh seluruh mahasiswa agar dapat lulus dan meraih gelar sarjana S1 adalah dengan menyelesaikan skripsi.

Skripsi dapat dikatakan pula sebagai penelitian akhir yang menjadi salah satu bukti bahwa sang mahasiswa sudah cukup mumpuni dalam menguasai ilmu-ilmu yang dipelajari selama di bangku kuliah. Jika kamu ingin mencari informasi menarik lainnya, jangan lupa untuk kunjungi situs Mamikos secara berkala ya.

By toha