Cari Tahu Manfaat Dari Daun Pandan.

Cari Tahu Manfaat Dari Daun Pandan – Pandan, siapa sih yang tak kenal dengan tanaman satu ini. Pandan atau pandan wangi merupakan salah satu dari banyak tanaman yang dimanfaatkan bagian daunnya.

Yap, daun pandan memang kerap kali digunakan oleh manusia, baik itu pada makanan, minuman hingga pengobatan. Penggunaan daun pandan terhadap makanan dan minuman di karenakan tanaman satu ini memiliki aroma yang wangi serta warna hijaunya yang pekat.

Aroma wangi pada daun mampu menambah cita rasa makanan atau minuman, dan sedangkan warna hijaunya dapat membuat seseorang menjadi terhadap warna yang cantik pada setiap olahan.

Selain itu penggunaan warna hijau yang bersal dari daun pandan juga tidak memiliki efek samping dan justru mempunyai banyak manfaat.

Daun tanaman pandan juga diketahui mempunyai kemampuan dalam mengatasi beberapa masalah keseahtan loh, hal ini dikarenakan adanya beberapa senyawa pada daun tanaman yang bersifar antioksidan bagi tubuh.

Untuk itu berikut beberapa manfaat daun padan untuk kesehatan :

1. Meredakan nyeri dan kram.

Manfaat yang pertama dari daun pandan yaitu, bisa kamu gunakan untuk meredakan rasa nyeri dan kram.

Disamping itu, dengan mengoleskan daun pandan yang telah direndam dengan minyak kelapa juga telah dilakukan oleh orang jaman dahulu dalam mengatasi masalah nyeri sendi.

Artikel lainya : Tanaman liar yang bisa di jadikan obat herbal

2. Menetralkan racun didalam tubuh.

Selama ini, air kelapa hijau dikenal mampu menghilangkan atau menetralkan racun. Namun ternyata, teh daun pandan juga bisa melakukannya.

Daun pandan sangat efektif untuk detoksifikasi tubuh, terutama organ hati. Tak hanya menetralkannya, daun ini juga membantu melepaskan racun dan kotoran dari tubuh.

Selain itu, daun pandan juga memiliki manfaat sebagai pencahar ringan yang benar-benar aman dan bahkan dianjurkan untuk anak-anak.

3. Mengatasi masalah tidur.

Masalah susah tidur atau Insomnia sering menjadi beban banyak orang karena mampu membuat tubuh tak bisa beristirahat dengan tenang meski sudah sangat merasa lelah.

Sehingga untuk beraktivitas esoknya menjadi tidak fit dan optimal karena terlalu lelah akibat dari insomnia yang membuat terjaga semalaman.

Untuk itu jika kamu mau cobalah untuk menggunakan daun pandan. Daun pandan diketahu dapat memantu tubuh agar lebih rileks. Hal ini dikarenakan pandan mengandung senyawa alkaloid yang bisa menciptakan sensasi rileks pada tubuh.

Kamu hanya perlu meminum ramuan air rebusan daun pandan, secara teratur beberapa jam saat sebelum tidur.

4. Mengatur tekanan darah.

Manfaat selanjutnya ialah bisa kamu gunakan untuk ramuan herbal penurun tekanan darah agar menjadi lebih stabil. Jadi jika kamu sering mengalami sakit kepala atau kelelahan bisa jadi suatu tanda bahwa tubuh kamu saat ini mengalami tekanan darah tinggi.

Jika hanya dibiarkan saja, masalah hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa memicu beberapa penyakit berbahaya nantinya seperti jantung dan stroke.

Kamu bisa memanfaatkan daun pandan dengan cara merebusnya, cukup gunakan 10 gram daun pandan lalu tambahkan dua gelas air bisa menjadi ramuan herbal dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

Lakukan perebusan daun pandan hingga airnya berkurang separuh lalu, minum air rebusan pandan paling tidak dua kali sehari hingga tekanan darah menjadi nomal.

Nah itulah beberapa manfaat dari daun pandan untuk kesehatan yang bisa kamu gunakan.