Cara Setting Domain Email Dengan Mudah

Jika Anda mengelola semua jenis bisnis, Anda memerlukan domain email khusus. Ini memungkinkan Anda untuk memiliki alamat email khusus yang menampilkan nama bisnis Anda, meningkatkan kredibilitas dan penampilan profesional Anda. Mengirim email ke kontak bisnis dari alamat email umum Yahoo, AOL, Hotmail, atau Gmail membuat Anda terlihat seperti seorang amatir, meskipun sebenarnya bukan.

Untuk pilihan hosting email di lokal anda bisa mencoba Rumahweb.com sebagai penyedia hosting murah terbaik di indonesia dan pastinya berpengalaman dalam hal ini sob, banyak promo dan kemudahan cara bayar yang bisa kamu dapatkan disitu

Jadi, Anda memerlukan domain email. Kabar baiknya adalah ada banyak tempat untuk mendapatkannya. Bahkan terkadang gratis. Di bawah ini, kami akan menunjukkan cara menyiapkan akun email gratis dengan nama domain khusus Anda.

Apa Itu Domain Email?

Domain email adalah bagian dari alamat email yang muncul setelah simbol @. Dengan kata lain, ini mengacu pada bagian alamat email yang cocok dengan nama domain web milik bisnis, organisasi, atau blog.

Misalnya, domain kami adalah www.thedigitalnonprofit.com, jadi email kami bisa jadi [email protected] Itu jauh lebih profesional daripada [email protected]

Penyedia Untuk Menyiapkan Domain Email Gratis Atau Biaya Rendah

Dalam posting ini, saya akan membahas empat cara untuk mendapatkan domain email Anda sendiri, dengan dan tanpa biaya tambahan. Meskipun ada banyak layanan yang tersedia, kami akan meninjau empat opsi yang sangat populer, bereputasi baik, dan terjangkau, membandingkan paket paling murah yang ditawarkan oleh masing-masing perusahaan. Masing-masing penyedia ini juga memiliki paket yang lebih mahal yang mencakup lebih banyak fitur. Penyedia yang kami rekomendasikan adalah:

Bluehost (gratis dengan pembelian paket hosting)

Google Workspace (gratis hanya selama 14 hari)

Microsoft 365 (gratis selama 1 bulan)

Zoho (sepenuhnya gratis, dengan fitur terbatas)

1. Bluehost

Bluehost adalah penyedia yang diakui dan andal dalam industri email dan hosting web. Banyak bisnis dan organisasi terkenal menggunakannya untuk berbagai layanan. Jika Anda memilih untuk meng-host web Anda dengan Bluehost, Anda akan menerima domain email gratis yang disertakan dengan paket hosting Anda.

Ini adalah pilihan yang solid untuk pemula serta bisnis mapan dan profesional yang membutuhkan kehadiran digital yang andal. Untuk pengguna WordPress, Bluehost membuatnya sangat mudah untuk mengatur web dan domain email Anda, serta menyediakan sekumpulan opsi pemasaran. Bahkan jika Anda tidak menggunakan WordPress, perwakilan layanan pelanggan 24/7 mereka dapat membantu Anda menavigasi menautkan domain Anda ke penyedia web mana pun yang Anda gunakan.

Untuk memulai dengan Bluehost, Anda harus memilih paket hosting web jika Anda belum memilikinya.

Paket Basic dengan shared hosting hanya $2,95 per bulan dan memberi pengguna penyimpanan email dan kemampuan untuk mengakses email mereka dari mana saja dengan koneksi internet menggunakan email web. Layanan email gratis ini memungkinkan Anda untuk menggunakan domain email khusus Anda terlepas dari apakah nama domain Anda terdaftar di Bluehost atau penyedia lainnya, selama Anda adalah pelanggan hosting web Bluehost.

Selain hosting web dan email, Bluehost menawarkan:

Kecepatan internet standar industri

Fitur keamanan

Jaminan uang kembali

Jaminan waktu aktif sembil-sembilan persen

layanan pelanggan 24/7

Paket entry-level tingkat rendah mereka meningkat setelah Anda memperbarui langganan Anda, tetapi itu standar untuk hampir semua penyedia hosting bersama.

Bluehost memudahkan untuk mendaftar akun dan memulai dengan email Anda. Setelah Anda memilih paket, Anda harus mendaftarkan domain web baru Anda dengan Bluehost atau menggunakan nama domain yang telah Anda daftarkan ke penyedia lain (seperti GoDaddy). Anda kemudian dapat melanjutkan dengan proses pendaftaran lainnya.

Penyiapan domain Bluehost

Setelah Anda mendaftar, Anda akan menemukan diri Anda di dasbor akun Bluehost Anda di mana Anda dapat mengelola semua alat dan pengaturan Anda.

Dari menu navigasi sisi kiri, buka tab Email & Office.

Pilih domain yang ingin Anda tambahkan alamatnya dengan mengklik Kelola.

Klik tombol Buat.

Bluehost adalah yang terbaik untuk organisasi dan individu yang menggunakan WordPress dan mungkin memerlukan banyak bantuan dari layanan pelanggan dengan pengaturan dan koneksi dari tim dukungan 24/7 mereka yang luar biasa.

Kunjungi Bluehost untuk memulai

2. Google Work Space

Google Workspace adalah salah satu penyedia email yang paling banyak digunakan dan tepercaya di dunia dan pada dasarnya berfungsi seperti Gmail, tetapi dengan banyak fitur tambahan. Dengan langganan bulanan, setelah masa uji coba 14 hari gratis, Anda dapat membuat domain email khusus untuk akun Gmail Anda.

Mendaftar untuk sebuah akun memungkinkan Anda untuk berintegrasi mulus dengan platform lain dan alat produktivitas bisnis mereka. Selain itu, Anda dapat menghemat uang dengan menukarkan kode promo Workplace , yang memungkinkan Anda menerima diskon paket Business Starter atau Business Standard untuk tahun pertama Anda mendaftar. Dengan itu dan 14 hari pertama gratis, itu membuat penawaran mereka sangat terjangkau.

Paket mulai dari $6 per pengguna per bulan untuk satu email, termasuk penyimpanan cloud 30 GB. Mereka juga termasuk konferensi video hingga 100 peserta.

Seperti halnya Bluehost, Google menjamin sembilan-sembilan persen waktu aktif di server mereka untuk email bisnis, termasuk filter spam tingkat lanjut untuk meminimalkan waktu menyaring email sampah di kotak masuk. Mereka menawarkan perlindungan keamanan standar untuk menjaga keamanan data dan untuk mengelola perangkat yang hilang atau dicuri.

Paket tingkat berikutnya yang mereka tawarkan adalah Google Workspace Plus seharga $12 per pengguna dengan semua manfaat yang sama tetapi penyimpanan 2 TB per pengguna untuk file. Itu banyak penyimpanan dan mungkin sesuai untuk penggunaan yang bekerja dengan file video dan audio.

Seperti disebutkan di atas, selain hosting email, Google Workplace menawarkan akses ke alat mereka yang lain, termasuk:

Kalender – manajemen waktu dan penjadwalan

Obrolan – pesan langsung dan ruang obrolan tim

Suara – menelepon dan pengguna Gmail lainnya

Dokumen – pengolah kata di cloud

Drive – penyimpanan file

Spreadsheet – program spreadsheet

Slide – presentasi profesional dan pembuat slideshow

Untuk mulai menyiapkan akun Google Workspace, pertama-tama Anda harus menjawab berapa banyak akun pengguna yang Anda perlukan. Setelah mengisi akun yang diperlukan dan informasi pembayaran, Anda akan melalui panduan yang mudah diikuti untuk menyiapkan akun Anda. Jika Anda memiliki nama domain, Anda harus memasukkannya. Jika tidak, Anda dapat membelinya dari Google.

Temukan nama bisnis

Setelah domain Anda disiapkan, Anda harus menautkannya ke akun email Anda. Di sini Google membuatnya mudah dengan panduan pengaturan otomatis.

Setelah Anda menyiapkan akun, Anda akan memiliki akses ke perwakilan Anda sendiri jika Anda memiliki pemecahan masalah.

Layanan ini terbaik untuk individu dan organisasi yang mencari solusi komunikasi dan produktivitas bisnis yang lengkap.

Kunjungi Google Workspace untuk mempelajari lebih lanjut

3. Microsoft 365

Jika seperti jutaan profesional di seluruh dunia, Anda menikmati alat bisnis Microsoft, seperti Word, Excel, dan PowerPoint, Anda dapat membuat alamat email domain khusus melalui langganan Microsoft 365 . Namun, ini mengharuskan Anda untuk menggunakan GoDaddy sebagai penyedia domain Anda. Jika Anda belum memiliki domain, Anda harus membeli domain baru dari GoDaddy , satu-satunya layanan yang digunakan Microsoft. Biasanya biayanya antara $ 10 dan $ 25 per tahun. Jika Anda memiliki domain dari penyedia yang berbeda, Anda tidak akan dapat menautkannya ke email Anda melalui Microsoft. Jadi ini mungkin nonstarter untuk Anda.

Jika Anda belum memiliki langganan Microsoft, Anda dapat mendaftar ke salah satu paket tingkat awal yang lebih terjangkau. Yang pertama, paket Bisnis Dasar mereka berharga $5 per bulan per pengguna, dan yang lainnya adalah paket Bisnis Standar, dengan biaya $12,50 per bulan per pengguna. Kedua paket menyertakan penyimpanan 50 GB untuk kotak masuk email Anda. Perbedaan utama adalah bahwa meskipun paket Dasar hanya menyediakan versi web dan seluler dari alat produktivitas mereka (MS Word, Excel, dan PowerPoint), paket Standar juga menyediakan versi desktop.

Semua paket Microsoft 365 menyertakan alat berbasis cloud dan aplikasi desktop di hingga 15 perangkat per pengguna. Dalam hal fitur dan fungsionalitas, paket dasarnya mirip dengan paket Pemula Google Workplace. Saat mendaftar, mereka menawarkan 1 bulan gratis untuk pengguna baru.

Mulai:

Setelah mendaftar, masuk ke pengaturan di Outlook.com.

Di bawah Alamat email yang dipersonalisasi, pilih Mulai.

Siapkan fitur

Selanjutnya, Anda harus memasukkan nama domain GoDaddy Anda atau membelinya dari tautan yang disediakan.

Di GoDaddy, konfirmasikan bahwa catatan Server Nama Domain (DNS) telah diatur, atau jika tidak, tambahkan dengan mengikuti petunjuk langkah demi langkah di layar.

Jika Anda kesulitan memutuskan antara Google Workplace dan Microsoft 365, lihat perbandingan mendetail kami .

Layanan ini paling cocok untuk orang dan organisasi yang menginginkan akses ke seluruh rangkaian produk dan aplikasi Microsoft selain memiliki domain email.

Pelajari selengkapnya tentang Microsoft 365 di sini

4. Zoho

Zoho adalah salah satu dari sedikit penyedia domain email yang memiliki paket yang sepenuhnya gratis. Paket Forever Free mereka gratis untuk hingga lima pengguna dan hanya mencakup penyimpanan 5 GB per pengguna dengan batas lampiran 25 MB (Anda mendapatkan apa yang Anda bayar). Anda akan menerima hosting email untuk satu domain dan akses web dengan paket gratis, ditambah aplikasi seluler mereka.

Selain itu, mereka menawarkan semua fitur keamanan standar dan jaminan waktu aktif sesuai dengan Bluehost, Google Workplace, dan Microsoft 365.

Kelemahan dari paket gratis ini adalah hanya mencakup akses web dan mengecualikan format email populer konfigurasi email IMAP/POP, jadi Anda tidak dapat menautkannya ke penyedia layanan email lain. Namun, jika Anda dapat meningkatkan ke paket berbayar, Anda akan menerima sejumlah manfaat.

Anda dapat meningkatkan hanya dengan $1 per bulan, dan jika Anda belum memiliki domain web, Zoho akan menyediakannya hanya dengan $10 per tahun.

Paket Selamanya Gratis mencakup satu domain. Paket level berikutnya, Mail Lite, berharga $1 per pengguna per bulan. Ini terdiri dari uji coba gratis 15 hari, lampiran hingga 250 MB, perutean email, akses offline, pelabelan putih, cadangan email, dan banyak lagi.

Untuk menyiapkan email gratis, buka bagian bawah halaman harga Zoho Mail melewati paket lain yang terdaftar.

Jika Anda sudah memiliki domain: 

Pilih paket Anda, lalu siapkan akun Anda dengan memilih “Daftar dengan domain yang sudah saya miliki”.

Masukkan domain Anda dan klik tambahkan.

Pengaturan Zoho

Masukkan detail pendaftaran dan pilih Lanjutkan.

Setelah detail Anda benar, pilih Daftar dan isi formulir.

Setelah ditambahkan, Anda akan memverifikasi domain Anda dengan proses yang mudah diikuti. Setelah itu, Anda dapat menambahkan pengguna, membuat email, menyetel data MX, memigrasikan email, dan konfigurasi lain yang Anda inginkan.

Layanan ini paling cocok untuk pengguna yang tidak membutuhkan alat kolaborasi lain, tidak terlalu bergantung pada komunikasi email, dan memiliki anggaran yang sangat terbatas.