10 Nama Malaikat dan Tugasnya dalam Agama Islam | Popmama.com

Sebagai orangtua tentunya kita sudah mengetahui bahwa menanamkan dan mengajarkan nilai – nilai agama merupakan hal yang penting, bahkan hal tersebut sudah dimulai sejak anak masih kecil. Manfaat mengajarkan ilmu agam sejak anak masih kecil antara lain agar semakin anak dewasa anak akan semakin paham dengan aturan dan nilai – nilai yang berlaku dalam agama.

Salah satu contoh ilmu agama yang perlu diberikan kepada anak sejak kecil adalah rukun iman. Itu karena rukun iman merupakan dasar kepercayaan yang diyakini oleh semua umat muslim di dunia. Dalam ajaran Islam rukun iman terdiri dari 6 perkara yang semuanya wajib diimani oleh semua umat muslim. Tentunya mengajarkan hal seperti rukun iman ini kepada anak bukan perkara yang mudah.

Tetapi sebagai orangtua kita bisa mengajarkan atau menjelaskan tentang 6 perkara yang ada pada rukun iman ini dengan cara yang lebih menyenangkan. Karena dunia anak bisa disebut sebagai dunia bermain maka kita harus menciptakan kondisi belajar yang nyaman dan menyenangkan layaknya sedang bermain sehingga anak lebih tertarik tapi tanpa menghilangkan esensi tentang rukun iman tersebut.

Dengan cara seperti itu maka anak akan bisa menangkan apa yang orangtuanya sampaikan. Meskipun mungkin anak belum terlalu mengetahui maknanya, tetapi setidaknya anak sudah mengetahui apa saja 6 perkara yang ada dalam rukun iman. Selebihnya seiring dengan perkembangan usianya anak akan bisa lebih memahami tentang rukun iman tersebut secara lebih luas.

Agar anda sebagai orangtua tidak bingung tentang bagaimana mengajarkan rukun iman pada anak. Berikut ini terdapat implementasi atau cara mengajarkan rukun iman kepada anak dengan lebih mudah.

  1. Iman kepada Allah SWT

Bukti nyata bahwa kita beriman kepada Allah yaitu dengan melakukan semua perintahNya dan menjauhi laranganNya. Cara lebih mudah mengajarkan anak tentang rukun iman yang pertama ini yaitu dengan selalu sholat tepat waktu serta menjalankan puasa wajib di bulan Ramadhan.

  1. Iman kepada Malaikat

Malaikat merupakan makhluk ciptaan Allah yang selalu tunduh dan patuh terhadap perintah Allah. Meskipun tidak bisa dilihat tetapi malaikat ini merupakan makhluk yang harus kita percayai keberadaannya. Cara mengajarkan hal ini kepada anak yaitu dengan menjelaskan untuk selalu menjaga tingkah laku karena ada Malaikat yang selalu melihat dan mencatat apa yang kita lakukan selama 24 jam.

  1. Iman kepada kitab – kitab Allah

Dalam Islam dijelaskan bahwa Allah menurunkan 4 kitab yang wajib diimani oleh seluruh umat. Namun dari keempat kitab tersebut ada satu kitab yakni Alquran yang harus dipercaya oleh umat Muslim. Ajarkan pada anak untuk selalu mengaji dan mengikuti tuntunan yang dijelaskan dalam alquran.

  1. Iman kepada nabi dan rasul

Dalam Islam ada 25 nabi dan rasul yang wajib diimani oleh seluruh umat muslim. Agar anak memahami tentang rukun iman keempat ini maka ajarkan anak mengenal nama – nama nabi dan rasul lewat cara yang menyenangkan setelah itu jangan lupa ajarkan anak juga untuk mengikuti apa yang dilakukan para nabi dan rasul.

  1. Iman kepada hari akhir

Pada akhirnya seluruh umat yang ada di dunia akan meninggal begitu pula dengan bumi ini yang akan hancur. Untuk mengajarkan anak tentang adanya hari akhir ini anda bisa mengajarkan lewat cara berdoa setiap mengawali kegiatan agar diberi keselamatan oleh Allah SWT.

  1. Iman kepada Qada dan Qadar

Qada dan Qadar merupakan ketetapan yang telah Allah tentukan dan kita sebagai umatnya harus mempercayai hal tersebut. Cara mudah agar anak meyakini rukun iman keenam ini yaitu dengan selalu bersyukur dan mengajarkan anak untuk percaya bahwa selalu ada hal baik yang datang meski di tengah kesulitan.

By sartika