Perawatan biasanya dilakukan dalam cara merawat bonsai, karena ini adalah tanaman hias yang cukup mahal dan perlu dirawat secara terpisah agar dapat tumbuh dengan baik.

 

Tanaman seperti bonsai telah lama digunakan sebagai dekorasi yang dapat mempercantik tampilan halaman depan rumah. Jika ingin hasil terbaik, Anda bisa menngatasinya dengan mengikuti beberapa cara di bawah ini.

 

Cara Merawat Bonsai Secara Rutin Agar Tumbuh Berkembang

Salah satu teknik paling umum untuk menangani tanaman ini adalah mengganti pot. Langkah selanjutnya adalah menyirami tanaman secara teratur, menjemurnya di bawah sinar matahari, memangkas dahan, dan memupuknya dengan pupuk.

 

Ganti panci secara teratur

Ciri-ciri batang bonsai yang kerdil mengharuskan pemiliknya menggunakan pot dangkal sebagai wadah tanaman. Karena sistem akar terus tumbuh, Anda harus mengganti pot secara teratur dengan menyesuaikan ukuran tanaman.

 

Salah satu cara merawat bonsai ini bertujuan agar akar lebih mudah bergerak bebas saat mulai tumbuh. Jika perlu, ganti dengan pot yang lebih besar dan pastikan memiliki lubang di bagian bawah.

 

penyiraman dengan intensitas tertentu

Bonsai adalah tanaman khas yang akarnya mudah busuk dan berjamur jika direndam terlalu banyak air. Oleh karena itu, pengaturan intensitas penyiraman menjadi hal utama saat melakukan perawatan rutin.

 

Penyiraman dimaksudkan untuk menjaga kesuburan tanah sebagai media tanam agar tidak mengering. Sedangkan untuk batang tanaman, air bisa menjadi sumber nutrisi yang menyegarkan sekaligus menyehatkan sel punca hingga ke akar.

 

jemur

Cara merawat bonsai selanjutnya adalah menjemurnya di bawah sinar matahari dengan intensitas tertentu. Tanaman ini masih membutuhkan cahaya untuk berkembang dengan baik, tetapi tidak selama itu.

 

Proses pengeringan biasanya dilakukan setelah tanaman berumur sekitar dua minggu, dari penanaman pertama Anda. Durasinya hanya cukup untuk 1 hingga 3 jam, dan kemudian Anda dapat menambahkan lebih lama seiring berjalannya waktu.

 

memangkas cabang secara teratur

Memangkas cabang adalah cara paling efektif untuk merawat bonsai Anda jika Anda ingin tampilan yang bagus. Bagian-bagian tertentu dari cabang harus dipangkas secara teratur agar pertumbuhan selanjutnya terlihat lebih rapi.

 

Tidak hanya ranting, Anda juga bisa memangkas daun menjadi berbagai bentuk sesuai kebutuhan. Tahap ini merupakan teknik untuk mendapatkan bentuk bonsai yang baik, sehingga dianggap sebagai tanaman hias.

 

Lakukan pemupukan secara teratur agar tumbuh subur

Cara pemeliharaan bonsai dalam proses pemupukan hampir sama dengan pengeringan dan penyiraman yaitu memperhatikan intensitas pemupukan. Anda bisa menggunakan jenis pupuk yang biasa digunakan untuk menyuburkan tanaman, seperti urea dan NPK, sesuai kebutuhan.

 

Selain membantu menyuburkan rimpang, urea dan NPK juga menyuburkan tanah. Jangan lupa gunakan pupuk khusus untuk daunnya juga agar tetap berkembang dan terhindar dari hama.

Baca Juga : how to clear land of small trees and brush

Manfaat menguasai cara merawat bonsai yang sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda

Jika Anda dapat memberikan perawatan bonsai terbaik untuk kebutuhan pribadi Anda, Anda dapat menuai beberapa manfaat. Mulailah dari buah tanaman berkualitas, yang juga bisa menjadi tanaman hias jika Anda ingin membudidayakannya dengan giat.

 

 Dapatkan tanaman berkualitas

Hanya dengan perawatan yang optimal secara rutin Anda bisa mendapatkan tanaman yang berkualitas. Baik pada proses penanaman pertama, secara teratur merepoting, menyiram, mengeringkan, memupuk, dan memangkas secara teratur.

 

 

Cara merawat bonsai adalah teknik yang paling umum, sehingga pemula pun dapat dengan mudah menerapkannya. Namun sebagai tanaman hias tentunya ada beberapa perawatan ekstra agar terlihat menarik.

 

sebagai dekorator beranda

Bonsai sangat bagus sebagai tanaman hias yang dapat mempercantik tampilan beranda Anda. Tentu akan lebih baik jika Anda mengetahui cara melakukan perawatan selain dari teknik umum di atas.

 

Tampilan yang bagus sangat bagus untuk mempercantik bagian-bagian tertentu dari rumah, seperti halaman, ruang tamu, dll. Hanya saja Anda juga harus siap dengan peralatan dan biaya perawatan rutin.

 

Tanaman hias seperti bonsai jika dibandingkan dengan yang lain memang sangat bagus dan cantik tampilannya. Hanya saja, dibutuhkan kesabaran khusus dan penguasaan cara merawat bonsai agar tetap tumbuh dan sehat.

 

Suka topik tanaman kunjungi www.marylandlawnandgarden.com