Cara Merawat Burung di Musim Hujan

Cara Merawat Burung di Musim Hujan

Musim panas dan musim hiujan bisa saja terjadi di Indonesia, namun ketika musim hujan datang bagi pemilik burung akan sedikit kerepotan, karena burung peliharaan harus di jemur untuk menjaga kesehatannya.

Ya, selain menghangatkan tubuhnya, menjemur juga memiliki manfaat untuk kesehatan burung dan menjadikannya rajin berkicau.

Bagaimana kalo sedang musim hujan ?

Ketika musim hujan datang seperti yang telah kami kutip dari https://duniakicau.net/ , tentunya perlu penyesuaikan dalam perawatannya, terutama kebutuhan dalam menjaga suhu tubuh burung tetap hangat.

  1. Mandi

Untuk memandikan burung pada saat musim hujan, jangan terlalu basah bulunya, cukup sedikit di sempot saja. Namun ketika memandikannya pastikan matahari sudah mulai muncul atau suhu di sekitar hangat agar tidak kedinginan burungnya.

  1. Jemur

Ketika musim hujan, biasanya panas matahari susah untuk di prediksi, dan ketika matahari terlihat atau paling tidak suhu lingkungan hangat, anda bisa menjemur burung tersebut meskipun tidak lama menjemurnya.

  1. Sangkar di Krodong

Krodong memiliki banyak manfaat untuk burung, salah satunya adalah untuk menjaga suhu di dalam sangkar tetap hangat meskipun diluar sangkar suhunya dingin.

Untuk itu, sangkar burung terus di krodong agar burung tidak kedinginan pada saat musim hujan.

  1. Simpan di tempat yang hangat

Alangkah baiknya burung di tempat yang memiliki suhu yang hangat, seperti di dalam rumah, ruang tamu atau tempat lainnya yang memiliki suhu yang hangat, sehingga tanpa di krodongpun sangkarnya, burung akan merasa hangat.

  1. Makanan yang Cocok

Ada beberapa makanan yang bagus di berikan pada burung ketika musim hujan, seperti kroto dan ulat hongkong.

Jika burung anda merupakan jenis burung pemakan serangga, maka bisa memberikan ke dua jenis makanan tersebut.

Kroto di berikan lebih banyak dari biasanya dan tambahkan juga ulat hongkong sebanyak 5 – 10 ekor. Ulat hongkong bisa membantu menghangatkan tubuh burung dari dalam , karena memang efek dari mengkosumsi ulat hongkong untuk burung seperti itu, sehingga bagus di berikan pada saat musim hujan.

  1. Jangan berikan voer

Pemberian voer untuk burung sebaiknya di stop terlebih dahulu, karena voer akan mudah lembab sehingga mudah basi, dan voer yang masih jangan di berikan pada burung.