Cara Menjaga dan Melatih Mental Burung Peliharaan

Cara Menjaga dan Melatih Mental Burung Peliharaan

Mental yang terlatih maka akan membuat burung memiliki kualitas kesehatan fisik yang bagus juga, selain itu akan ber-efek pada kualitas kicaunnya.

Bagaimana tidak, misalkan burung peliharaan anda memiliki suara kicauan yang bagus dengan beragam suara isian yang banyak, namun sewaktuwaktu mental burung drop, yang terjadi adalah yang ada membuat burung menjadi malas untuk berkicau.

Cara Menjaga Kesehatan Mental Burung

Seperti yang di kutip dari https://kicaumania.net/ Perawatan harian harus dilakukan secara rutin, seperti memandikan secara konsisten di jam tertentu, bergitu juga ketika menjemurnya, lakukan pada saat jam biasa lakukan, karena ketika di rubah-rubah dalam merawatnya akan berpengaruh pada kesehatan burung.

Begitu juga faktor makanan, burung perlu diberikan pakan yang disiplin, jika diberikan oakan jangkrik mislkan pada jam 08.00 pagi, lakukan hal tersebut secara terus-menerus dan jangn merubahnya.

Selain perawatan harian, ada faktor lainnya yang sebaiknya anda jangan lakukan seperti :

  • Penyimpanan burung jangan di pindah-pindahkan dengan sering
  • Lingkungan terlalu berisik, entah itu berisik karena suara knalpot kendaraan, hewan, manusia dan hal lainnya
  • Tangkrigan jangan di ganti-ganti dengan ukuran lain

 

Cara Melatih Mental Burung

Kualitas mental burung yang bagus tentunya harus dilatih secara terus-menerus, dan apalagi lebih bagus dilatihnya ketika burung masih anakan.

Untuk melatih mental burung murai batu tentunya burung harus jinak terlebih dahulu, anda bisa melakukan perawatan untuk menjinakan.

Dan jika burung sudah jinak, maka burung sering di terapi, seperti suara air mengalir dan memasternya secara rutin.

Setiap seminggu beberapa kali, burung peliharaan di ajak ke tempat yang banyak burung, entah itu ke tempat teman yang punya burung, ke kios burung, ke tempat latber atau ajak jalan ke tempat lomba burung.

Untuk burung yang masih anakan, jangan di paksa untuk lomba, tapi cukup ajak jalan-jalan saja ke tempat lomba untuk membiasakan burung anakan tersebut terbiasa dengan lingkungan burung, seperti suara ramai manusia dan bruung.

Dengan seringnya burung di ajak jalan-jalan ke tempat yang banyak burung , maka mental burung akan terasah.