Setelah umrah dibuka kembali, rakyat berbondong-bondong mencari tahu tata cara membuat visa umrah. Dokumen ini merupakan ketentuan wajib buat publik sekaligus izin umrah resmi dari pemerintah Arab Saudi.

Syarat serta prosedurnya sama sekali tidak susah. Cukup temui Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) terpercaya, lengkapi persyaratan, ajukan permohonan, serta menunggu visa keluar.

Penting guna menyadari macam mana metode membuat visum umrah sendiri lantaran dokumen ini cukup sekali pakai. Jadi, arahan kali ini tentu bakal sungguh berguna bila kalian berencana ibadah umrah di masa dekat ini.

Strategi permohonan visum umrah kurang lebih serupa dengan prosedur pembuatan visa dengan cara umum. Seterusnya adalah panduan lengkap metode membuat visa umrah:

 

1. Registrasi ke Provider Umrah

Pertama, seleksi agen umrah maupun provider visa umrah terbaik. Pastikan mereka valid dan telah tercatat di Kemenag. Silakan periksa statusnya di lokasi situs simpu.kemenag.go.id.

Bawa seluruh berkas persyaratan yang telah disebutkan tadi kemudian serahkan pada agen umrah selaku perantara.

 

2. Menunggu MOFA Terbit

Langkah yang kedua, kalian tinggal  menunggu agen umrah terkait memperoleh MOFA.

Agen bakal memasukkan data pengajuan kalian ke muasasah maupun pengurus umrah di Arab Saudi. Merekalah yang esoknya menerbitkan MOFA.

Singkatnya, MOFA merupakan pesan konfirmasi yang dikeluarkan Kementerian Haji Arab Saudi buat jemaah umrah. Surat ini hanya aktif sepanjang 15 hari.

 

3. Penerbitan Visa Umrah

MOFA selanjutnya dituturkan ke provider selaku salah satu syarat mengajukan publikasi visa ke KBSA sebagai otoritas berwajib. Arsip pelengkapnya adalah paspor serta tiket perjalanan asli.

Pihak KBSA akan meyakinkan kelayakan penerbitan visa buat jemaah. Lantaran, ada kemungkinan mereka tidak menerima pengajuan itu, misalnya lantaran ada catatan kriminal.

Dari itu, umumnya pengajuan visa pasti keluar.

 

4. Penempelan Visa

KBSA selanjutnya menempel visa yang telah keluar di paspor serta akan langsung aktif serupa waktu berlakunya. Cara ini lumayan cepat, hanya 1-2 hari kerja. Sehabis itu agen umrah menerima lagi visum itu dengan cara kolektif  dari KBSA guna diserahkan  pada calon jemaah. Berhubung waktu masa visa umrah 90 hari, sehingga perhitungkan baik-baik masa pembuatan visum serta bertepatan pada kepergian.

 

Ketentuan terkini Pembuatan Visa Umrah

Terhitung semenjak bulan September 2019, syarat visa progresif buat jemaah umrah telah dihapus. Pastinya, ini yakni berita gembira buat rakyat Indonesia lantaran anggaran pembuatannya terhitung mahal.

By roket