Cara Membuat Iklan di Google

Salah satu cara efektif untuk menambah penjualan bisnis online adalah dengan pakai jasa iklan Google. Maka dari itu kamu harus mempelajari cara membuat iklan di Google Ads supaya sukses menarik banyak pelanggan.

Sebagai search engine terbesar di dunia, sebesar 98% pengguna internet di Indonesia mengfungsikan Google untuk meraih informasi yang mereka mendambakan di internet.

Besarnya jangkauan pasar Google membuat raksasa teknologi ini menjadi keliru satu fasilitas iklan yang efektif untuk sebuah bisnis. Dengan platform pengiklanan Google Ads, kamu bisa membuat iklan yang dapat tayang di hasil pencarian Google. Keren, ‘kan?

Sejak 24 Juli 2018, Google membuat perubahan nama platform iklan dari Google AdWords menjadi Google Ads. Namun secara garis besar, cara penggunaannya hampir sama. Beberapa yang beralih pada Google Ads adalah tampilan dan fitur-fiturnya.

Kali ini Dewaweb dapat mengkaji cara pakai iklan di Google yang enteng untuk diikuti. Semoga bisa membantumu dalam mengembangkan bisnis ya. Simak cara mengfungsikan Google Ads berikut ini!

 

1. Buat account Google Ads

Sebelum mengawali cara iklan di Google, kamu harus mempunyai account lebih-lebih dahulu. Jika kamu belum mempunyai account Google Ads, membuka web Google Ads di browser. Lalu mengikuti proses pembuatan account untuk Google Ads. Kamu juga bisa login ke account Google yang telah kamu miliki.

 

Cara membuat iklan di google ads

Selanjutnya kamu dapat diarahkan ke laman untuk memilih goal iklan. Jika baru pertama kali membuat iklan di Google Ads, Google dapat segera mengarahkan kamu untuk membuat iklan Smart Campaign, yang di mana Google dapat menyesuaikan otomatis iklan berikut dengan pertolongan machine learning.

Namun, terkecuali kamu mendambakan kontrol penuh pada iklan yang dapat dibuat, disarankan untuk ganti ke Expert Mode dengan klik ‘Switch to Expert Mode’ layaknya gambar berikut.

cara membuat iklan di google ads – tentukan goal

2. Menentukan Tujuan Iklan

Cara membuat iklan di google ads – Menentukan goal campaign

Langkah ke-2 untuk membuat iklan di Google adalah memilih goal atau obyek dari pemasang iklan. Iklan kamu nantinya dapat diatur sedemikian rupa untuk membantumu mencapai goal yang kamu pilih. Ada sebagian pilihan goals di Google Ads, di antaranya:

Sales: untuk penjualan product secara online atau offline.
Leads: untuk meraih leads dan konversi dengan mendorong pelanggan untuk laksanakan suatu tindakan.
Website traffic: untuk meraih trafik atau pengunjung ke web sebanyak-banyaknya.
Product plus brand consideration: mendorong pelanggan dalam mengenali bisnis atau product yang kamu jual.
Brand awareness plus reach: mencapai audiens yang luas dan membangun awareness.
App promotion: mempromosikan aplikasi supaya pelanggan laksanakan install.
Local store visits plus promotion: menambah kunjungan toko fisik.

3. Pilih Jenis Tampilan Iklan

Cara membuat iklan di google ads-campaign type

Tipe campaign adalah wujud tampilan ads yang dapat dibuat. Untuk tiap-tiap goal campaign. Saat menempatkan iklan di Google, kamu bisa memilih dari sebagian jenis campaign, yakni:

Search campaign

Jenis iklan yang nampak disaat user laksanakan pencarian di search engine dengan kata kunci tertentu. Dikenal juga dengan iklan teks. Berisi judul yang mengarah ke web tujuan, gambaran singkat mengenai bisnis, juga info kontak, layaknya gambar di bawah ini.

 

Ad copy Dewaweb

Display campaign
Iklan yang bisa berbentuk teks maupun gambar yang nampak di web partner Google. Iklan gambar dapat mengarahkan user ke web tujuan. Ukuran iklan display berbeda-beda tergantung di mana iklan terpasang. Contohnya layaknya gambar berikut.

contoh display campaign ads dewaweb

Shopping campaign

Iklan yang menampilkan informasi product dalam wujud katalog. Berisi info produk, gambar, harga dan link yang bisa diklik menuju halaman web obyek supaya pelanggan bisa segera berbelanja dari web tersebut.

contoh shopping campaign Google Ads

Video campaign

Iklan berbentuk video yang biasa nampak di web partner Google atau disaat terhubung video di Youtube. Durasi video singkat, kebanyakan hanya 8-15 detik atau 5-8 detik saja.

 

contoh video ads campaign

App campaign
Jenis iklan untuk mempromosikan aplikasi. Iklan ini bisa berbentuk teks atau gambar dengan button yang segera mengarahkan user ke App Store atau Play Store.

 

Smart campaign

Jenis campaign dikelola Google dengan pertolongan machine learning. Jenis ini menopang pengguna baru untuk membuat dan mengelola ads dengan lebih mudah. Berikan informasi mengenai nama bisnis, membuat iklan, kemudian Google dapat menemukan penargetan paling baik untuk ads-mu secara maksimal.

 

Local campaign

Dirancang untuk menopang mempromosikan toko fisik. Ad dapat tampil di penelusuran, Maps, YouTube, dan web partner Google
Pilih jenis campaign yang cocok dengan kebutuhan. Untuk tutorial kali ini, Dewaweb mengfungsikan search campaign. Setelah itu kamu harus melengkapi data-data yang diminta oleh Google, layaknya alamat web (jika kamu memilih goal web traffic), nama aplikasi (jika kamu memilih goal app promotion), dan lain-lain. Kemudian klik ‘Continue’

 

4. Lengkapi Pengaturan Dasar Iklan

Pada bagian ini, kamu harus melengkapi pengaturan basic campaign yang dapat dibuat. Kamu harus melengkapi pengaturan basic iklan layaknya jenis iklan, nama iklan, dan pilihan jaringan untuk menampilkan iklan.

cara membuat iklan di google ads – lengkapi campaign settings

 

5. Tentukan Durasi Iklan

Setelah memilih jenis iklan dan melengkapi pengaturan dasarnya, cara selanjutnya untuk membuat iklan di Google adalah memilih durasi iklan. Buka pengaturan dengan klik ‘Show more settings’ lebih-lebih dahulu.

menentukan durasi iklan google ads
Setelah itu dapat nampak pilihan layaknya berikut.

cara membuat iklan di google ads – tentukan durasi
Di bagian ini kamu bisa memilih berapa lama iklan yang kamu membuat dapat ditayangkan oleh Google. Tentukan dengan memasukkan tanggal terasa dan tanggal selesai iklan.

Selain itu kamu juga bisa menyesuaikan URL Campaign, Dynamic search Ads dan jadwal penayangan iklan pada kolom yang ada layaknya berikut.

Set ad schedule

 

6. Pilih Jangkauan Lokasi dan Bahasa

Langkah selanjutnya dalam menempatkan iklan di Google adalah memilih jangkauan lokasi dan bhs untuk penayangan iklan. Kamu bisa mempersempit jangkauan hingga ke provinsi atau kota yang mendambakan dijangkau supaya lebih spesifik.

Setelah selesai memilih lokasi, tentukan bhs yang digunakan oleh audience-mu. Google dapat menyeleksi untuk menampilkan ads pada orang-orang dengan pengaturan bhs tersebut. Misal kamu memilih bhs Indonesia dan Inggris, maka iklan yang kamu membuat dapat ditampilkan kepada audience yang berbahasa Indonesia atau Inggris.

 

7. Tentukan Target Audience

Di bagian ini, kamu bisa memilih sendiri audiens yang cocok dengan obyek pasarmu supaya iklan bisa ditampilkan lebih khusus kepada orang-orang tersebut. Tentukan audiens bila dari detail demografi, usia, interest dan lain sebagainya.

Targetkan audiens ads

 

8. Atur Anggaran Harian untuk Iklan

Tentukan budget ads

Untuk tiap-tiap campaign, kamu bisa memilih berapa banyak uang yang bisa dihabiskan Google untuk penempatan iklan berikut tiap-tiap hari.

Untuk bisa pakai iklan di Google dengan efektif, kamu sebaiknya menyesuaikan budget yang dapat digunakan untuk iklan tersebut.

Google mempunyai fitur batas budget yang dapat secara otomatis menghentikan iklan sehabis batasan cost tercapai. Jadi bila kamu memasukkan Rp100.000/hari untuk campaign A dan Rp80.000/hari untuk campaign B. Maka, Google tidak dapat menghabiskan uang berikut melebihi kuantitas ini.

Kamu bisa menetapkan budget terendah dahulu disaat baru mengawali membuat ads. Kemudian secara perlahan kamu bisa terasa mengukur keberhasilan ads dan coba untuk mengoptimalkannya.

 

9. Tentukan Bidding untuk Iklan

Bidding adalah cost yang dapat kamu keluarkan untuk tiap-tiap obyek iklan atau harga sekali klik iklan (bila kamu memilih fokusnya pada clicks). Untuk bidding, kamu bisa mengaturnya pada konversi, klik atau impression. Setelah selesai, klik ‘Save plus Continue’.

10. Atur Keyword untuk Iklan di Ad Groups

Selanjutnya, laksanakan pengaturan kata kunci di ad groups. Satu campaign bisa berisi sebagian ad groups.

Kamu bisa membuat satu atau lebih ad grup di tiap campaign yang kamu bentuk. Jika kamu membuat lebih dari satu ad grup, namai tiap ad grup pada kolom yang tersedia. Ini dapat memudahkan kamu untuk mengerti ad mana yang perform lebih baik.

cara membuat iklan di google ads – set ad group

Selanjutnya, kamu harus memasukkan keyword-keyword yang mempunyai relevansi dengan iklan yang dibuat. Tujuannya supaya disaat orang memasukkan kata kunci berikut di pencarian Google, maka iklanmu bisa tampil pada hasil pencarian mereka.

Ada tiga jenis kata kunci match yang ditentukan Google, yaitu exact match, phrase match, dan broad match. Apa bedanya?

Broad match ─ berisi seluruh kata, bisa saja dalam urutan apa pun, dan bisa menyertakan kata lain.
Phrase match ─ berisi seluruh kata, dalam urutan, dan bisa mencakup kata lain sebelum akan atau sehabis frasa.
Exact match ─ hanya berisi kalimat ini dalam urutan ini.
Setelah mengisi kata kunci dengan lengkap, jangan lupa klik ‘Save plus continue’ untuk cara selanjutnya.

 

11. Membuat iklan/Ad copy

Setelah laksanakan pengaturan di atas, cara membuat iklan di Google Ads selanjutnya adalah membuat wujud tampilan iklan. Untuk paid search, Google menghambat pembawaan teks supaya bisa berisi seluruh mengisi teks iklan pada hasil pencarian.

 

12. Lakukan review

Setelah selesai laksanakan pengaturan ads, kamu dapat diarahkan pada halaman lihat sebelum akan kamu bisa pakai iklanmu di Google. Di sini dapat nampak detail iklan yang tadi telah kamu membuat dan anggaran yang dibutuhkan. Jika tetap harus laksanakan perbaikan, laksanakan dahulu sebelum akan publish ads.

 

13. Lengkapi detail pembayaran

Tahap paling akhir dalam cara membuat iklan di Google adalah melengkapi detail pembayaran untuk penayangan iklan. Isi data-data yang diperlukan, layaknya billing country, timezone, konsumen info, memilih metode pembayaran, dan lainnya.

Pembayaran bisa dilakukan secara otomatis atau manual. Jika memilih opsi otomatis, kamu harus mempunyai kartu kredit. Tetapi terkecuali kamu memilih manual, pembayaran bisa dilakukan dengan debit, transfer lewat mobile banking atau ATM, dan GoPay.

Setelah seluruh terisi lengkap, centang persetujuan (I agree to the Google Ads terms plus conditions) dan klik tombol ‘Submit’.
Kemudian kamu dapat diarahkan pada detail penagihan. Selesaikan pembayaran cocok kuantitas yang ditagihkan. Setelah pembayaran tagihan selesai, proses pakai iklan di Google dapat selesai dan iklanmu dapat tayang terkecuali telah disetujui.

Itu dia tutorial cara membuat iklan di Google Ads. Ikuti beberapa langkah berikut supaya kamu mempunyai pedoman yang lengkap dan iklanmu bisa sukses tayang ya.

Semoga artikel ini bisa membantumu mengembangkan bisnis dengan membuat iklan di Google Ads. Selamat mencoba, Sahabat Dewaweb!

Setelah mempelajari cara membuat iklan di Google Ads, sekarang saatnya kamu menerapkannya untuk mengembangkan bisnismu. Tentunya, iklan kamu dapat lebih maksimal terkecuali kamu mempunyai web dengan cloud hosting yang aman dan cepat.