Cara Membuat Denah Rumah Dasar untuk Pemula

Membuat denah rumah bukan untuk semua orang. Tapi siapapun bisa belajar bagaimana membuat denah rumah yang sederhana dan mudah. Memahami cara membuat denah rumah bukan hanya sekedar hobi, tetapi juga dapat membantu Anda dalam menyesuaikan rumah impian.

Ingin mengetahui langkah-langkah dasar dalam membuat denah rumah yang banyak digunakan oleh arsitek dan desainer? Simak ikhtisar sederhana cara membuat denah rumah sederhana di bawah ini!

Pertama, buat denah rumah dari daftar aktivitas dan kebutuhan ruang

Langkah pertama dalam membuat denah rumah adalah membuat daftar aktivitas setiap penghuni yang akan tinggal di rumah tersebut, mulai dari aktivitas penunjang hingga aktivitas utama.

Untuk membuat denah rumah selanjutnya setelah mengetahui kegiatannya, Anda perlu menentukan ruang apa yang akan dibutuhkan untuk berbagai kegiatan tersebut. Pada tahap pembuatan denah rumah ini, Anda dapat menghilangkan atau menggabungkan beberapa fungsi dan aktivitas sesuai kebutuhan agar rencana tetap efisien.

Tinjau dan teliti standar dan persyaratan setiap kamar

Sekarang setelah Anda mempertimbangkan berbagai kebutuhan untuk interior rumah Anda, langkah selanjutnya adalah membuat denah rumah dengan mempelajari kebutuhan ruang. Mulai dari ukuran standar tiap ruangan hingga berbagai kebutuhan dasar ruangan, mis. B. apakah ruangan membutuhkan bukaan atau tidak.

Jenis pembuatan denah rumah ini penting untuk memastikan bahwa penempatan ruang pada denah tidak mencolok dan sesuai dengan standar ini.

Mulailah dengan menghubungkan setiap ruangan dan membuat zonasi penempatannya

Cara untuk membuat denah rumah berikutnya adalah dengan mempertimbangkan kebutuhan ruang ini. Misal kamar tidurnya dekat dengan kamar mandi, jadi perlu berdekatan. Ruang makan sangat erat hubungannya dengan dapur dan ruang keluarga, sedangkan area dapur harus jauh dari dapur dan sebagainya.

Setelah itu, Anda bisa membuat denah rumah dengan membuat diagram zona hubungan antar ruangan tersebut. Bagian mana yang merupakan sektor swasta, publik dan jasa. Pastikan setiap zona tidak tumpang tindih dan memengaruhi kenyamanan zona lainnya.

Ubah zona dan diagram menjadi denah lantai

Langkah selanjutnya dalam membuat denah rumah adalah menerjemahkan diagram zona dan hubungan antara ruangan-ruangan ini menjadi rencana dasar. Komponen denah dapat berupa garis sederhana untuk menggambarkan seperti apa denah rumah idaman nantinya.

Bagaimana cara membuat denah rumah dengan banyak alternatif?

Salah satu cara membuat denah rumah yang mutlak harus Anda jalani adalah dengan mencoba berbagai alternatif denah. Anda perlu menyesuaikan garis dasar yang Anda buat sebelumnya untuk melihat kemungkinan denah rumah lainnya.

Cara membuat denah rumah dengan berbagai alternatif sangat membantu Anda dalam membuat denah rumah terbaik agar langkah membuat denah rumah tidak dipandang sebelah mata.

Denah detail dengan notasi, ukuran, dan detail arsitektur lainnya

Setelah Anda mengidentifikasi alternatif denah lantai terbaik, Anda perlu memberikan detail denah rumah saat membuat denah rumah terakhir.

Cara menggambar denah rumah di atasnya termasuk notasi yang sesuai dengan bahasa arsitektur, mis. B. B. Ketebalan dinding, simbol material, simbol bukaan pintu dan jendela dan sejenisnya. Anda juga bisa melengkapi ukuran seperti dimensi ruangan dan tinggi lantai beserta detail arsitektur lainnya.

Sekarang Anda memiliki denah rumah yang lengkap dan siap pakai. Meski prosesnya lama, siapa pun bisa belajar dan melakukan cara membuat denah rumah & desain rumah.

Setelah Anda memahami cara membuat denah rumah, tidak hanya lebih mudah untuk memvisualisasikan ide dan kebutuhan, tetapi juga untuk berkomunikasi dengan arsitek dan desainer yang jasanya Anda gunakan untuk mewujudkan rumah impian Anda.

Source: https://avantela.com/home.