Cara Membuat Google Form untuk Absensi Siswa | kumparan.com

Sekolah sebagai tempat mendidik anak harus mengikuti teknologi yang terus berkembang pesat. Salah satu kemajuan teknologi yang dapat diterapkan di sekolah adalah penggunaan absensi siswa secara online. Ada banyak cara yang bisa digunakan, tentunya solusi ini didasarkan pada kesesuaian teknologi dan kondisi sekolah.

Di bawah ini adalah teknik absensi yang bisa diterapkan di sekolah. Dari teknologi bentuk bebas untuk lembar waktu hingga teknologi lembar waktu berbasis cloud. Tentunya masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

  1. Menggunakan Google Formulir

Berikut langkah-langkah cara melakukan absensi online di Google Forms, termasuk gambarnya

Langkah 1: Buka Google Forms di sini dan pilih tombol “Go to Google Forms”

Langkah 2. Pilih “Mulai Formulir Baru” yang kosong dengan gambar +

Ini berarti kita akan membuat formulir baru yang dibuat untuk tujuan kita.

Langkah 3. Silahkan buat sesuai gambar di bawah ini

Kali ini kita akan melakukan beberapa hal yang akan kita isi setiap hari yaitu: tanggal, nama guru, kehadiran siswa (termasuk nama semua siswa di kelas)

Langkah 4. Tabelnya bisa digunakan, begini tampilannya

Langkah 5. Setelah formulir siap, mari kita siapkan halaman untuk laporan harian. Pilih “Buat Spreadsheet”

Jadi sekarang kami memiliki 2 halaman, 1 halaman formulir dan 1 halaman laporan

Langkah 6. Di bawah ini adalah tampilan laporan ketidakhadiran siswa

  1. Menggunakan Zoho Forms

Pada prinsipnya proses pembuatannya sama dengan Google Form, Zoho Form juga merupakan layanan absensi siswa yang sangat mudah digunakan dan dapat diakses hanya dengan mengklik link yang dibagikan oleh pembuat form tersebut. Bahkan, terdapat juga fitur signature di Zoho Form ini dimana siswa diminta untuk sign in pada sebuah kotak setiap kali mereka hadir. Layanan ini pasti membuat kehadiran lebih bisa diandalkan.

 

Berbeda dengan google form yang dijelaskan sebelumnya, Zoho Form tidak memiliki fitur grid multi-kotak centang untuk data nama siswa.

Contoh kehadiran kelas dengan Zoho dapat ditemukan di sini

Semua data yang direkam dalam Zoho Form juga akan dilindungi dan Anda tidak perlu khawatir kehilangannya. Guru dapat mencetak semua data absensi yang tercatat setiap saat tanpa harus menyusun ulang karena semua data sudah tertata rapi. Layanan ini dapat dinikmati secara gratis tanpa iklan yang mengganggu seperti layanan gratis lainnya.

Absensi siswa secara online menggunakan aplikasi jadwal berbasis cloud.

  1. Menggunakan Smartpresence.id

Smartpresence.id adalah pilihan utama Anda untuk absensi siswa secara online, dengan pengalaman mengelola lebih dari 30.000 pengguna. Smartpresence adalah produk absensi online berbasis cloud dengan keunggulan sebagai berikut:

  • Berbasis cloud – Anda tidak perlu berinvestasi dalam server fisik karena SmartPresence menggunakan teknologi komputasi awan.
  • Multi-Platform – Akses sistem dengan mudah dari berbagai jenis platform, melalui browser web, aplikasi android, aplikasi iphone.
  • Real-time – Dengan menggunakan server cloud, Anda dapat dengan mudah mendapatkan informasi dan data kehadiran secara real-time yang dapat diakses setiap saat.
  • Pengaturan Jadwal Masuk dan Istirahat – Setelah diatur, setiap siswa atau guru yang terdaftar harus mematuhi standar yang ditetapkan.
  • Pengaturan sistem yang dinamis – Setiap kali mesin absensi atau aplikasi mobile yang digunakan karyawan akan bekerja sesuai aturan yang telah ditetapkan.
  • Dashboard dan Laporan Fleksibel – Setiap laporan yang dihasilkan dapat dibuat sesuai keinginan.
  • Dukungan Integrasi – Dengan dukungan integrasi API, Anda dapat terhubung dengan kebutuhan data Anda.
  • Keandalan dan keandalan data – Smartpresence.id memastikan keakuratan data yang dicatat dan dikelola untuk kebutuhan kehadiran.
  • Pembatasan GPS – Anda dapat menentukan di mana siswa dapat hadir.
  • Pengenalan Wajah – Dengan teknologi pengenalan wajah, karyawan dapat memeriksa kehadiran hanya dengan selfie.
  • Anti-Spoofing – Deteksi Ekspresi – Dengan deteksi ekspresi, Anda dapat mencegah siswa atau guru meniru identitas siswa.

Smartpresence.id menawarkan berbagai fitur gratis selama 30 hari pertama dibandingkan platform formulir online dengan fungsionalitas terbatas. Tim Smartpresence.id akan membantu dengan segala formulir dan detail kehadiran.

  1. Gunakan Adaptivepay.com.sg

Modul manajemen kehadiran Adaptivepay.com memudahkan pelacakan kehadiran karyawan. Adaptivepay.com memiliki fitur bawaan yang mencatat kapan karyawan datang dan pergi dan membantu melacak jam kerja dan lembur yang sebenarnya.

Sistem pelacakan kehadiran menggunakan kode QR atau GPS untuk melacak waktu check-in dan check-out karyawan. Metode lain seperti pencatat waktu sidik jari/biometrik juga dapat digunakan untuk melacak detail check-in dan check-out karyawan

Selain menggunakan aplikasi Adaptivepay, kamu juga bisa menggunakan aplikasi Appsensi untuk kebutuhan absen online.

  1. Gunakan Carbonatepp.com

Faktanya, Carbonatepp.com tidak dirancang untuk absensi siswa secara online, produk ini dirancang untuk kebutuhan SDM. Selain fitur absensi, Carbonatepp.com juga menyediakan HR dengan fitur-fitur penting seperti:

sistem penggajian

  • Manajemen cuti online
  • Sistem penjadwalan
  • Pengumuman
  • Sistem evaluasi
  • Solusi Ruang Kerja Digital

Biaya untuk menggunakan aplikasi ini adalah $8/bulan

  1. Gunakan Wheniwork.com

Seperti namanya, wheniwork.com menyediakan fungsionalitas untuk pekerja, namun fitur absensi juga bisa digunakan untuk absensi mahasiswa secara online. Keunggulan wheniwork.com adalah adanya fitur manajemen istirahat yang dapat digunakan untuk mengatur jadwal istirahat siswa.

Biaya untuk menggunakan aplikasi ini adalah $4/orang