Orifice Meter adalah jenis flow meter yang digunakan untuk mengukur laju aliran Cairan atau Gas, khususnya Uap, dengan menggunakan prinsip Pengukuran Tekanan Diferensial. Ultrasonic Flow Meter ini digunakan untuk pengaplikasian laju aliran yang kuat karena daya tahannya yang terkenal dan sifatnya yang sangat ekonomis.

 

1. Bagian Inlet

Bagian yang memanjang secara linier bersama dengan diameter yang sama bersama dengan pipa saluran masuk untuk kelanjutan ujung untuk kelanjutan aliran masuk. Di sini kami mengukur tekanan masuk cairan / uap / gas.

 

2. Lempengan Orifice

Sebuah Lempengan Orifice dimasukkan di pada Bagian Inlet dan Outlet untuk menciptakan penurunan tekanan dan bersama dengan demikianlah bagian ini bisa mengukur aliran.

 

3. Bagian Outlet

Bagian yang memanjang secara linier sama bersama dengan bagian Inlet. Bagian ini termasuk diameternya sama bersama dengan diameter pipa terlihat untuk kelanjutan ujung di aliran keluar. Di sini kami mengukur Tekanan fasilitas pada bagian pengeluaran.

Seperti yang ditunjukkan di diagram, gasket digunakan untuk menutup area pada Lempengan Orifice dan permukaan Flange, tujuannya ialah untuk menghambat kebocoran.

Bagian 1 & 2 dari Orifice meter, disempurnakan bersama dengan bagian pembuka untuk dipasang sensor tekanan diferensial (manometer tabung-u, indikator tekanan diferensial).

 

Bentuk dan Ukuran Lempengan Plat Orifice

Orifice mtr. dibikin di dalam beragam wujud tergantung pada keperluan khusus penggunaan, Bentuk, ukuran dan lokasi lubang pada lempengan/pelat Orifice menyebutkan spesifikasi orifice mtr. sebagai berikut:

Lempengan Orifice Konsentris
Lempengan Orifice Eksentrik
Lempengan Orifice Segmen
Lempengan Orifice Tepi Kuadran

 

1. Lempengan Orifice Konsentris

Lempengan ini terbuat dari SS dan ketebalannya begitu banyak ragam dari 3,175 sampai 12,70 mm. Ketebalan lempengan di pinggir lubang tidak boleh dilampaui oleh salah satu parameter berikut:
1 – D/50 dimana, D = Diameter di dalam pipa
2 – d/8 dimana, d = diameter lubang orifice
3 – (D-d)/8
*Beta Ratio(β): Ini adalah rasio diameter lubang orifice (d) bersama dengan diameter di dalam pipa (D).

 

2. Lempengan Orifice Eksentrik
Mirip bersama dengan Lempengan Orifice Konsentris tak hanya lubang offset yang dibikin secara tangensial ke lingkaran, konsentris bersama dengan pipa dan diameternya ukurannya sama bersama dengan 98% dari pipa. Hal ini biasanya digunakan untuk mengukur cairan yang mengandung:

-Media yang miliki partikel padat
-Minyak yang mempunyai kandungan air
-Uap basah.

3. Lempengan Orifice Segmen

Jenis lempengan Orifice ini miliki lubang yang merupakan 1/2 lingkaran atau segmen lingkaran. Diameternya biasanya 98% dari diameter pipa.

 

4. Lempengan Orifice Tepi Kuadran

Jenis Lempengan ini digunakan untuk aliran layaknya minyak mentah, sirup atau slurries bersama dengan kekentalan tinggi, dll. Lempengan Orifice ini bisa digunakan saat garis Reynolds Numbers berkisar dari 100.000 atau lebih, atau di pada 3.000 sampai 5.000 bersama dengan koefisien akurasi lebih kurang 0,5%.

 

Keuntungan dari Orifice meter

Berikut ini sebagian keuntungan atau keunggulan type orifice mtr. yang bisa dijadikan pertimbangan:
Orifice mtr. sangat murah dibandingkan bersama dengan type flow mtr. lainnya.

Lebih sedikit area yang diperlukan untuk Menginstal dan ideal untuk aplikasi bersama dengan area terbatas
Respon operasional bisa dirancang bersama dengan sempurna.
Kemungkinan posisi pemasangan: Vertikal / Horizontal / Miring.

By toha