Begini Cara Memilih Kopi Agar Jauh Lebih Nikmat Untuk Diminum

Kopi enak itu rasanya kayak gimana sih? Memang, banyak cara yang perlu kalian perhatikan saat memilih kopi agar rasanya jauh lebih enak dan nikmat saat diminum. Meskipun hanya minuman biasa, kopi juga bisa menaikkan mood dan menghilangkan stress akibat aktivitas atau kegiatan yang menumpuk. Dengan aroma dan rasanya yang enak, kalian pasti lebih bisa menikmati untuk minum kopi, baik dengan keluarga, teman, kerabat, ataupun saat sendiri ketika ingin menenangkan diri. Lalu, bagaimana sih cara memilihnya?

Pilih berdasarkan rasa dan aromanya

Jika berbicara tentang kopi, itu semua kembali lagi ke selera masing-masing. Ada orang yang menyukai kopi pahit, ada orang yang menyukai kopi manis, bahkan ada orang yang menyukai kopi sedang (tidak manis tidak pahit). Maka, agar kalian bisa meminum kopi enak dengan nikmat sebaiknya pilih berdasarkan rasa dan aroma yang kalian suka.

Hal yang bisa kalian lakukan untuk memilih rasa kopi adalah melalui level pemanggangannya, di mana yang terdiri dari 8 tingkat. Mulai dari tingkat light roast (agak asam dan rasa pahit yang tidak terlalu kuat) hingga tingkat dark roast (tidak terlalu asam dan rasa pahit yang kuat). Biasanya rasa kopi pada umumnya lebih dipengaruhi oleh level pemanggangannya, bukan dari asal biji kopinya.

Selain rasa, kalian juga harus memilih aroma kopi sesuai dengan selera masing-masing. Perlu diketahui, aroma kopi yang sangat kuat menandakan bahwa kopi tersebut masih segar dan fresh. Aroma kopi yang enak tentunya bisa menjadikanmu untuk lebih nikmat saat meminumnya, baik diseduh seacara panas ataupun dingin.

Perhatikan proses produksinya

Proses produksi kopi instan terdiri dari dua metode, yaitu spray drying dan freeze drying. Dengan metode spray drying, serbuk biji kopi yang dihasilkan sangat halus sehingga dapat dilarutkan dengan air biasa dingin. Metode spray drying sering digunakan untuk produksi kopi bubuk dalam skala besar dengan harga ekonomis.

Sedangkan dengan metode freeze drying, kalian bisa menikmati rasa dan aroma asli dari biji kopi. Proses produksi dengan menggunakan metode ini memakan banyak waktu dan tenaga sehingga sering digunakan pada produksi jumlah sedikit dengan harga yang relatif mahal.

Perhatikan jenis biji kopinya

Faktor ketiga yang harus kalian perhatikan jika ingin meminum kopi enak adalah memperhatikan jenis biji kopi yang digunakan. Meskipun pada kebanyakan kopi instan tidak menuliskan secara jelas. Biji kopi sendiri pada umumnya dibagi menjadi dua jenis, yaitu biji kopi arabika dan biji kopi robusta.

Biji kopi arabika memiliki karakteristik rasa dan aroma yang tinggi, serta memiliki tingkat keasaman yang kuat. Sedangkan biji kopi robustka memiliki karakteristik aroma yang unik dan rasanya yang sangat pahit.

By Embun