Inilah Beberapa Penyebab Anak-anak Menjadi Tidak Percaya Diri

anak anak

Beberapa Penyebab Anak-anak Menjadi Tidak Percaya Diri

Kepercayaan diri adalah suatu hal yang penting bagi setiap manusia, terutama bagi anak-anak. Dengan memiliki rasa percaya diri yang tinggi, anak-anak akan mempunyai tingkat keberanian dalam mencoba hal baru. Rasa percaya diri juga dapat membantu anak-anak mencapai kesuksesanya.

Rasa kepercayaan diri juga dapat mempengaruhi sifat dan perilku sang anak. Dengan kepercayaan diri yang rendah, anak-anak menjadi lebih canggung dan takut kepada orang lain. Sedangkan, jika mempunyai kepercayaan diri yang tinggi, anak-anak menjadi berani berkenalan dengan orang baru dengan tanpa rasa takutt.

Sayangnya kepercayaan diri anak-anak Indonesia termasuk rendah. Menurut data dari KPPPA ( Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak) republik Indonesia, 56% anak Indonesia (mayoritas anak perempuan) mengalami krisis kepercayaan diri.

Mengapa anak perempuan memiliki rasa kepercayaan diri yang rendah?

Karena beberapa orang tua di Indonesia, mengatur dan menjaga dengan ketat anaknya. Yang menyebabkan beberapa anak perempuan menjadi canggung dan takut kepada orang baru.

Tidak hanya di lingkungan keluarga. Sistem pendidikan di masih banyak menggunakan cara kekerasan dalam menertibkan murid-muridnya. Dengan begitu banyak anak Indonesia yang takut dengan sekolah dan memiliki rasa trauma dengan guru, dan para orang tua harus dapat menjelaskan apa yang dilakukan oleh guru kepada anaknya.

Jangan sampai dengan sistem Pendidikan yang belum berubah ini membuat anak-anak tidak memiliki rasa percaya diri. Padahal sekolah sejatinya menjadi pintu bagi anak-anak meningkatkan kepercayaan diri.

Rasa percaya diri anak pun dapat ditingkatkan dengan berbicara secara langsung dengan anak kita saat mendapatkan suatu masalah. Dengan membantu anak dalam menyelesaikan suatu masalah, akan membuat anak menjadi memahami cara menyelesaikan masalah tersebut. Dan anak-anak harus diajarkan untuk fokus dalam membangun suatu hubungan terhadap teman atau orang sekitar.

Anak-anak akan merasa aman asalkan orang tua mempunyai komunikasi yang baik dengan anak. Dan biarkan anak mendapatkan pilihanya sendiri dalam menentukan suatu hal, dengan begitu rasa percaya diri seorang anak akan bertambah.

Bagi Anda yang membutuhkan Jasa Aqiqah bisa mengunjungi www.aqiqahplus.com, banyak varian paket yang menarik dengan harga terjangkau. Aqiqah plus juga sudah tersedia di 20 kota di jawa tengah seperti Semarang, Salatiga, Kudus, dan lainya.