Syarat Pembuatan Akte Perusahaan

Definisi, Fungsi, dan Syarat Pembuatan Akte Perusahaan

Membangun sebuah usaha sendiri memang sering menjadi pilihan bagi seseorang yang ingin keluar dari zona nyaman. Proses ini memang tidak terlalu sulit untuk dilakukan, namun ada banyak hal yang harus Anda persiapkan, salah satunya adalah pembuatan akte perusahaan.

Definisi Akte Pendirian Perusahaan

Akte pendirian perusahaan merupakan bukti otentik yang mengesahkan sebuah perusahaan di mata hukum negara Indonesia. Akte pendirian perusahaan ini harus dimiliki oleh setiap badan usaha, terlebih untuk usaha dengan skala besar.

 Fungsi dari Akte Pendirian Perusahaan

Ada beberapa fungsi yang bisa Anda dapatkan dari pembuatan akte pendirian perusahaan. Untuk lebih jelasnya, silahkan Anda simak ulasan berikut ini.

  1. Melegalkan Perusahaan di Mata Hukum Negara

Dengan Anda memiliki akte pendirian perusahaan ini, maka secara otomatis Anda sudah melegalkan perusahaan tersebut di mata hukum. Pelegalan ini dilakukan secara langsung oleh Kementerian Hukum dan HAM.

Sekali pun sudah terjadi sebuah perselisihan dalam menjalankan bisnis, maka sudah jelas mengenai proporsi pembagian keuntungan dari swbuah perusahaan.

  1. Memberikan Kejelasan Atas Status Kepemilikan yang Sah

Untuk menghindari hal-hal yang tidak Anda inginkan, seperti halnya pembeliam maupun penjualan saham yang dilakukan oleh mitra Anda, maka bisa Anda hindari ketika Anda sudah memiliki akte pendirian perusahaan ini.

Dokumen ini memberikan segala penjelasan akan status kepemilikan perusahaan yang sah.

  1. Menjadi Dokumen Pendukung dalam Pembuatan TDP dan SIUP

Akte pendirian perusahaan ini bisa Anda gunakan untui mengurus surat dokumen lainnya, seperti TDP atau Tanda Daftar Perusahaan, serta SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan.

Syarat Pembuatan Akte Pendirian Perusahaan

Pembuatan akte pendirian perushaan tergolong tidak begitu sulit umtuk dilakukan. Andq hanya perlu mempersiapkan beberapa hal, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Fotocopy KTP pendiri minimal 2 orang.
  • Fotocopy KK penanggung jawab.
  • Pas foto penanggung jawabnya.
  • Fotocopy PBB di tahun terakhir.
  • Fotocopy surat kontrak.
  • Surat keterangan domisili perusahaan.
  • Foto kantor.
  • Persyaratan yang diberikan dilakukan untuk mempermudah petugas surver lokasi untuk keperluan mengurus SIUP atau PKP.

Dan inilah definisi, fungsi, dan persyaratan yang harus Anda persiapkan dalam pembuatan akte perusahaan. Tentunya dokumen ini sangat penting bagi kemajuan sebuah bisnis.