Optimasi ranking website bisnis

8 Strategi Pemasaran Digital B2B untuk Dicoba

Memiliki strategi yang terdefinisi dengan baik adalah kunci untuk meningkatkan efektivitas upaya pemasaran digital B2B Anda. Mari kita lihat 8 strategi pemasaran digital B2B yang dapat Anda manfaatkan di 2018 untuk meningkatkan eksposur dan jumlah bisnis Anda.

  1. Penelitian dan Penargetan Demografis

Pertama dan terpenting, Anda perlu melakukan penelitian dan menemukan demografi target Anda. Jika Anda tidak memiliki gambaran yang tepat tentang siapa target pelanggan dan audiens Anda, Anda membuang-buang waktu dan uang!

Kesamaan dari setiap strategi pemasaran digital B2B adalah target yang dapat ditentukan dan disempurnakan. Tidak mungkin memasarkan ke semua orang sekaligus, jadi Anda perlu berkonsentrasi pada audiens inti Anda. Jadi, Anda perlu bertanya pada diri sendiri:

Dari riset pasar dan perilaku membeli hingga riset merek, riset pemasaran terperinci akan membantu Anda membuat keputusan yang lebih tepat sebagai pemilik bisnis agar tidak hanya lebih terhubung dengan audiens yang Anda tuju, tetapi juga memberi Anda dasar yang obyektif untuk mengukur hasil.

Setelah melakukan riset persona pembeli Anda, sekarang saatnya untuk fokus pada demografi. Dengan mempersempit audiens Anda menggunakan “hyper-targeting”, Anda tidak hanya menghemat waktu tetapi juga uang untuk upaya pemasaran Anda.

Memahami karakteristik, kebutuhan, dan gaya hidup konsumen memungkinkan Anda membuat produk dan layanan yang mereka butuhkan secara efektif dan pesan pemasaran yang mereka tanggapi. Buat “persona pembeli” untuk audiens Anda yang sangat tertarget dan lakukan riset tentang grup tersebut. Selalu survei mereka dan dapatkan umpan balik untuk wawasan tentang bagaimana Anda dapat meningkatkan.

Jika Anda kesulitan mencari tahu harus mulai dari mana, fokuskan upaya Anda pada segmen pelanggan individual! Google Analytics adalah tempat yang tepat untuk memulai dalam memahami bagaimana konten pemasaran Anda dikonsumsi dan bagaimana Anda dapat menjangkau individu yang Anda inginkan dengan lebih baik.

Sebagai perusahaan B2B, Anda harus memiliki pemahaman yang kuat tentang siapa dan bagaimana produk / layanan Anda akan membantu pembeli tersebut dan penelitian serta penargetan pasar akan membantu Anda secara dramatis ketika berhubungan dengan klien potensial Anda.

  1. Situs Web yang Menarik dan Informatif

Di pasar digital saat ini, situs web perusahaan Anda sangat penting! Situs web lebih dari sekadar wajah cantik , ini adalah presentasi online bisnis Anda untuk benar-benar menunjukkan keahlian, kualitas, dan solusi Anda.

Situs web B2B Anda kemungkinan besar adalah cara pertama klien potensial akan berinteraksi dengan bisnis Anda, faktanya,  80% orang melihat website  saat memeriksa penyedia layanan — jadi apa yang Anda bagikan dan bagaimana Anda membagikannya akan menjadi sangat penting.

Saat calon klien datang ke situs Anda, itu harus menjadi pengalaman yang menarik dan informatif yang memberikan penawaran dan informasi yang dapat mendorong prospek dan keterlibatan. Di atas konten, berikut adalah beberapa situs web yang “harus” untuk dipertimbangkan saat melihat situs web B2B Anda:

Apakah mesin pencari situs web Anda dioptimalkan? Mudah ditemukan dimulai dengan situs web yang dikonfigurasi di  Google !

Jika Anda melihat daftar di atas dan merasa perlu melakukan beberapa penyesuaian pada situs web B2B Anda, Anda memiliki peluang besar untuk memperbaikinya! Faktanya, situs web terbaik terus disesuaikan dan diubah menjadi target yang lebih baik dan berkomunikasi dengan pelanggan potensial. Karena bisnis berkembang begitu pesat, pengoptimalan situs web diperlukan setidaknya setiap 18 bulan.

  1. SEO Situs Web yang Efektif

Seperti yang dibahas secara singkat di bagian situs web, audiens target Anda harus dapat menemukan situs Anda agar efektif. Di situlah pengoptimalan mesin pencari membantu! Meskipun SEO adalah taktik pemasaran yang kompleks dan berkembang, pada akhirnya SEO terdiri dari dua komponen utama.

Jika anda tidak bisa melakukan optimasi website sendiri, delegasikan pada Konsultan Jasa SEO Murah yang ada disekitar anda, atau mungkin coba temukan di Google Search.

SEO di Situs: Lacak frasa kata kunci yang mengkomunikasikan konsep di situs Anda ke mesin pencari. Ini memungkinkan mesin pencari untuk memberikan hasil yang lebih relevan bagi pencari. Dengan begitu, jika mereka mencari Anda dan produk / layanan Anda, mereka akan menemukan Anda!

SEO Off-site: Lacak tautan ke situs web Anda, baik melalui keterlibatan luar atau artikel tamu di publikasi lain. Upaya ini berfungsi untuk meningkatkan otoritas situs Anda sebagai pemimpin yang diakui secara luas pada topik Anda dan kontennya. Jaringan luar selalu merupakan strategi pemasaran yang hebat!

Saat jaringan Anda, diunggulkan, memiliki lebih banyak pengunjung mengunjungi situs Anda dan terlibat dengan situs web Anda, mesin telusur akan mulai melihat situs Anda sebagai lebih kredibel — menghasilkan peringkat yang lebih tinggi. Ini juga berasal dari menulis posting blog dan konten berkualitas di situs Anda!

SEO adalah alat luar biasa yang tidak boleh Anda abaikan. Lagi pula, jika Anda tidak memiliki pengunjung situs, Anda tidak akan tumbuh sebagai bisnis B2B.

  1. Menyegmentasikan Kampanye PPC Anda

Jika Anda ingin mempercepat proses menarik klien baru, Anda mungkin ingin mempertimbangkan iklan bayar per klik (PPC) . Iklan PPC memungkinkan Anda menggunakan platform periklanan untuk menampilkan konten Anda di depan pengguna yang relevan.

Tentu saja, Anda harus membayar untuk ini, tetapi jika Anda melakukannya dengan benar, ini bisa menjadi cara yang bagus untuk mengembangkan bisnis B2B Anda secara digital. Dalam banyak kasus, Anda membayar untuk klik iklan yang mengarahkan pengguna ke situs Anda, tetapi pada beberapa platform, Anda juga dapat membayar untuk tindakan lain seperti tayangan, penayangan video, dan keterlibatan di situs.

Sebenarnya anda tidak saja harus menggunakan Google Ads, tapi juga sembari memanfaatkan Jasa Backlink PBN yang banyak ditawarkan, salah satunya adalah SEOPlatinum Indonesia.

Iklan PPC adalah peluang luar biasa untuk mendapatkan perhatian dari pengguna yang tertarik yang mungkin tidak pernah menemukan produk / layanan Anda. Tidak mengherankan, ini bisa menjadi alat berharga yang tak tergantikan untuk membangun kesadaran merek, menghasilkan arahan, dan mendorong konversi.

Karena Anda membayar untuk setiap klik, PPC cenderung paling menguntungkan jika dikelola oleh seorang profesional . Pelajari lebih lanjut tentang periklanan PPC yang efektif di sini .

Sayangnya, salah satu masalah terbesar yang saya lihat adalah banyak perusahaan membuat kesalahan dengan menyiapkan kampanye atau grup iklan PPC mereka untuk setiap produk atau layanan yang mereka miliki. Mereka tidak berpikir kreatif tentang bagaimana audiens target mereka mencari solusi yang mereka tawarkan dan oleh karena itu tidak menggunakan organisasi kampanye untuk mencocokkan kreativitas itu.

Anda dapat mengatasi masalah ini dengan merencanakan kampanye Anda secara cermat untuk mengelompokkan iklan Anda ke dalam grup sebanyak mungkin. Anda dapat menyegmentasikan menurut setiap fitur utama, manfaat, subkategori, industri target, atau lokasi geografis yang relevan dengan produk atau layanan Anda.

Misalnya, Anda menyediakan layanan desain web. Anda dapat mengelompokkan kampanye Anda sebagai berikut:

Setelah Anda membuat grup yang lebih bertarget dan kreatif, pastikan Anda menyiapkan setiap kampanye iklan dengan kata kunci, iklan, dan halaman arahan yang efektif untuk mencocokkannya dengan benar. Menyiapkan kampanye dengan cara ini memungkinkan Anda untuk memfokuskan upaya Anda dan akan menghasilkan prospek yang lebih berkualitas. Siapa yang tidak menginginkan itu?

  1. Media Sosial

Media sosial akan terus ada dan sebagai pemilik bisnis B2B, media sosial harus menjadi bagian dari pemasaran digital B2B Anda. Mengapa? Nah,  60% pembeli  memeriksa penyedia layanan baru di media sosial, menjadikannya sumber informasi yang lebih umum digunakan daripada rujukan dan rekomendasi formal

Jadi, jika Anda belum menyiapkan halaman Facebook dan Instagram , itulah dua platform yang harus Anda fokuskan.

Isi profil media sosial Anda dengan informasi yang relevan tentang layanan dan produk B2B Anda dan pastikan untuk menautkan kembali ke situs web Anda. Saat Anda memposting pembaruan, promosikan silang materi Anda dari blog , situs web, dan platform media sosial Anda. Ini dapat meningkatkan peringkat situs web Anda secara online.