6 Vitamin untuk Orang Tua Agar Tidak Mudah Sakit

6 Vitamin untuk Orang Tua Agar Tidak Mudah Sakit

Ketika seseorang sudah memasuki usia senja, maka beberapa fungsi di dalam tubuh mungkin tidak akan maksimal lagi. Oleh karena itu, kebutuhan vitamin orang tua harus benar-benar diperhatikan agar tidak terserang berbagai macam gangguan kesehatan. Berikut ini adalah beberapa vitamin untuk orang agar tidak mudah sakit yang harus terpenuhi setiap hari.

Vitamin untuk Kekebalan Tubuh Orang Tua

  1. Vitamin C

Vitamin C memiliki peran yang sangat penting untuk kesehatan tubuh orang tua. Vitamin ini bisa membantu dalam menangkal radikal bebas yang terjadi di dalam tubuh. Seperti kita ketahui, saat ini banyak sekali sumber radikal bebas yang kerap ditemui seperti asap rokok, polusi udara, alkohol, dan stres. Dengan menjaga asupan vitamin C, tubuh akan menjadi lebih kebal terhadap serangan berbagai penyakit.

  1. Vitamin B kompleks

Selanjutnya, vitamin B kompleks juga tidak boleh dilewatkan untuk orang tua. Vitamin ini sangat baik untuk kesehatan tubuh dan juga otak. Selain itu, vitamin B juga akan membantu proses produksi energi di dalam tubuh. Dengan rutin mengonsumsi vitamin B kompleks, kesehatan jantung dan sistem kardio pun juga akan terjaga.

  1. Vitamin D

Salah satu masalah kesehatan yang kerap dialami oleh orang yang memasuki usia senja adalah masalah tulang seperti osteoporosis, sendi sakit, dan sebagainya. Vitamin D sangat baik untuk kesehatan tulang dan bisa membantu untuk mencegah masalah tersebut. Untuk mendapatkan asupan vitamin D sangat sederhana, yakni dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi selama 10 hingga 15 menit.

  1. Zat besi

Zat besi memiliki peran dalam hal meningkatkan daya tahan tubuh dan produktivitas agar tidak mudah lelah ketika beraktivitas seharian. Hal ini karena zat besi berfungsi untuk membentuk hemoglobin, yakni sel darah merah untuk mengedarkan oksigen dalam darah menuju seluruh tubuh. Kekurangan zat besi bagi orang tua akan sangat terasa dampaknya seperti mudah lelah.

  1. Magnesium

Untuk menjaga sistem metabolisme dan sistem saraf serta otot, orang tua wajib mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium. Magnesium memiliki peran penting dalam 300 lebih reaksi metabolisme di dalam tubuh. Selain itu, magnesium juga penting bagi orang yang mudah stres karena kesibukan.

  1. Selenium

Terakhir adalah selenium. Selenium berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh serta mengurangi risiko terkena penyakit kronis. Orang yang sudah tua memang lebih rentan terkena penyakit kronis seperti gagal ginjal, serangan jantung, dan lain-lain. Oleh sebab itu, jangan sampai kekurangan selenium agar itu tidak terjadi.

Selain menjaga asupan vitamin dan mineral di atas, orang tua juga harus tetap menjaga pola makan dan menerapkan perilaku hidup sehat. Rutin berolahraga ringan dan menghindari junk food atau rokok adalah salah satu kewajiban yang harus dilakukan.