Menjaga bunga keladi

5 Tips Menjaga Bunga Keladi Supaya Berkembang Subur

Mendengar tumbuhan keladi, apa yang terlintas di benakmu? Tumbuhan yang mengusik? Biang keladi? Ataupun yang  lain? Tetapi, tentu bukan. Tumbuhan bunga keladi merupakan tipe tumbuhan hias yang cantik serta biasa dijadikan bagian dari riasan rumah. Peletakan tanaman hias ini bisa di dalam ataupun di luar rumah.

Terdapat banyak tipe tumbuhan bunga keladi yang dapat ditemukan. Kamu pun dapat menciptakan bermacam foto bunga keladi di internet. Keelokan tumbuhan keladi membuat tumbuhan ini mempunyai harga yang relative mahal. Terlebih jika warna pada tanamannya terus menjadi jelas serta jernih rupanya.

Untuk menanam tumbuhan keladi yang indah dengan corak yang menarik, Kamu butuh kenali tips menjaga tumbuhan ini. Berikut ini merupakan tips yang dapat Kamu jalani:

Menjaga bunga keladi

1. Membiasakan penyiraman bunga keladi dengan hawa

Pada dasarnya, bunga keladi merupakan tumbuhan yang hidup di habitat yang basah. Sebab itu, berarti buat melindungi tumbuhan keladi Kamu memperoleh konsumsi air yang lumayan. Hendak namun, tumbuhan keladi pula tidak dapat bertahan bila penyiraman yang dicoba sangat banyak.

Air yang sangat banyak serta kelewatan hendak membuat pangkal tumbuhan jadi busuk. Dampaknya, tumbuhan keladi pula hendak jadi busuk serta mati. Sebaliknya tumbuhan yang kering hendak membuat tumbuhan terletak dalam keadaan dorman ataupun mati suri.

Untuk panduan, Kamu dapat menyiram tumbuhan keladi satu hari sekali dikala masa kemarau. Sebaliknya di masa hujan, penyiraman 2 hari sekali lumayan buat melindungi tumbuhan keladi agar berkembang produktif. Perhatikan pula buat tidak menyiram tumbuhan sampai air tergenang di pot tumbuhan.

2. Memakai media tanam bunga keladi yang telah disterilkan

Tidak hanya air, Kamu pun butuh kenali media tanam yang dipakai buat menanam tamanan bunga keladi. Media tanam pun jadi faktor esensial yang pengaruhi kehidupan bunga keladi tersebut. Media tanam terbaik buat tumbuhan bunga keladi merupakan daun bambu yang telah diiris halus, sekam, serta sekam bakar.

Kamu dapat memakai salah satu ataupun kombinasi dari ketiga media tanam tersebut dengan perbandingan 1: 1: 1. Tetapi, bila Kamu cuma memakai salah satu tipe media tanam tersebut pun tidak permasalahan.

Tetapi, jtetap ingat buat melaksanakan sterilisasi terlebih dulu saat sebelum memakai media tanam tersebut. Kamu dapat melaksanakan sterilisasi media tanam dengan mengukusnya di dalam panci. Media tanam yang telah disterilisasi hendak meminimalisir terdapatnya jamur serta kuman.

3. Sesuaikan penyinaran dengan tipe tumbuhan bunga keladi

Perihal berikutnya yang butuh dicermati merupakan penyinaran tumbuhan. Saat sebelum itu, Kamu butuh mengenali dahulu tumbuhan keladi tipe apa yang Kamu miliki. Terdapat 2 tipe tumbuhan keladi yang universal dijadikan tumbuhan hias. Ialah tipe Caladium serta Alocasia. Kedua tipe tumbuhan keladi ini mempunyai kebutuhan penyinaran yang berbeda.

Tumbuhan keladi Alocasia berkembang di tempat yang teduh. Sebab itu, tumbuhan ini tidak dapat terpapar sinar sangat banyak. Kamu dapat meletakkan bunga keladi Alocasia di atas meja ruang tamu ataupun di jendela yang ditutupi gordin. Dengan kata lain, tumbuhan ini sesuai jadi tumbuhan hias indoor.

Sebaliknya tumbuhan keladi Caladium memerlukan penyinaran sinar yang lebih banyak. Sebab itu, tumbuhan keladi Caladium sesuai bagaikan tumbuhan hias outdoor. Kamu dapat menanamnya di tempat yang terbuka ataupun di pekarangan depan rumah.

4. Beri pupuk ke tumbuhan bunga keladi secara berkala cocok kebutuhan

Sama dengan manusia pada umumnya, tumbuhan bunga keladi pun memerlukan nutrisi yang lumayan supaya dapat berkembang dengan produktif. Nutrisi ini didapatkan lewat akumulasi pupuk pada media tanam. Kamu dapat mulai membagikan pupuk semenjak tumbuhan berumur 4 sampai 5 minggu.

Pupuk terbaik buat tumbuhan bunga keladi merupakan pupuk organic lengkap semacam pelet udang. Pupuk semacam ini mempunyai isi 16 asam amino. Sehingga, tumbuhan keladi dapat berkembang produktif serta sehat sebab memperoleh rangsangan perkembangan serta antibodi.

Tidak hanya pupuk organic lengkap, Kamu pula dapat berupaya bermacam tipe lain. Utamanya pupuk yang Kamu pakai wajib mempunyai nutrisi yang berimbang. Isi zat N yang sangat banyak dalam pupuk hendaknya dihindari. Sebab zat ini bisa memancing klorofil pada tumbuhan keladi.

Dampaknya, corak tumbuhan hendak didominasi oleh corak hijau. Sehingga, corak non hijau seperti merah, pink, putih, kuning, serta corak lain dapat pudar ataupun malahan bisa hilang. Keadaan ini membuat tumbuhan keladi Kamu jadi tidak secantik yang Kamu harapkan loh.

5. Jaga tumbuhan bunga keladi dari hama

Terakhir, jangan lupa awasi perkembangan tumbuhan keladi yang Kamu miliki. Bisa saja terdapat hama yang merugikan dan wajib dibersihkan. Hama utama tumbuhan bunga keladi merupakan ulat daun serta belalang. 2 hama ini mengusik tumbuhan keladi dengan metode mengikis bagian daun tumbuhan. Dampaknya, tumbuhan jadi nampak kurang bagus bagaikan tumbuhan hias.

Buat menanggulangi serbuan hama ini, Kamu dapat menyesuaikannya dengan skala kendala yang diterima. Jika gangguannya masih berbentuk kendala kecil, Kamu dapat mengambil serangga tersebut satu per satu serta langsung membuangnya jauh– jauh. Tetapi metode ini pasti saja tidak dapat diterapkan jika hamanya banyak.

Solusinya, Kamu dapat mengusir hama tumbuhan keladi dengan memakai insektisida. Insektisida dapat disemprot 10 hari sekali cocok dengan dosis yang tertera pada insektisida. Ataupun Kamu dapat menanyakan langsung ke orang yang lebih berpengalaman dengan tumbuhan keladi kesayanganmu.

Nah itulah beberapa cara menanam bunga keladi agar tumbuh subur dan sehat. Dari sekian cara diatas, mana yang menurut Anda paling bermanfaat?