4 Tugas Dokter Kandungan Yang Bisa di Tangani Oleh Bidan

4 Tugas Dokter Kandungan Yang Bisa di Tangani Oleh Bidan

4 Tugas Dokter Kandungan Yang Bisa di Tangani Oleh Bidan

Para bidan ada di barisan terdepan yang bertanggung jawab terhadap kesehatan ibu berbadan dua dan balita yang dilahirkan. Tidak cuma di perkotaan, namun pula di bermacam pelosok kota. Sayangnya, profesi ini sering terlupakan dengan popularitas dokter kandungan.

4 Tugas Dokter Kandungan Yang Bisa di Tangani Oleh Bidan
4 Tugas Dokter Kandungan Yang Bisa di Tangani Oleh Bidan

Sementara itu, keduanya merupakan tenaga kedokteran yang terlatih, walaupun memanglah ada beberapa perbandingan. Kenyataannya, ada sebagian tugas dokter kandungan yang bisa dicoba oleh bidan. Apa saja?

Bagi dokter. Fiona Amelia, MPH, dari KlikDokter, salah satu perbandingan bidan dan dokter kandungan terletak pada masa riset pendidikannya. Profesi bidan dengan gelar Pakar Madya( A. Md. Keb) bisa diperoleh lewat pembelajaran vokasi ataupun diploma III cuma dengan 3- 4 tahun masa riset. Kelainannya dengan gelar dokter spesialis kebidanan dan kandungan, masa studinya 3 kali lebih panjang daripada bidan.

“ Demi menggapai gelar pakar kebidanan dan kandungan( SpOG), seorang wajib memperoleh gelar dokter universal( dokter.) terlebih dahulu dengan waktu 5, 5- 6, 5 tahun.

Setelahnya, dia wajib mengambil program spesialis kandungan dan kebidanan sepanjang kurang lebih 4, 5 tahun. Totalnya, masa riset dokter spesialis kandungan merupakan dekat 10- 11 tahun,” jelas dokter. Fiona.

Tugas dokter kandungan yang bisa dicoba bidan

Dengan masa riset yang lebih panjang otomatis calon dokter kandungan dituntut buat menekuni banyak modul menimpa kehamilan dan persalinan, dan seluruh perihal yang berhubungan dengan itu.

Walaupun demikian, nyatanya ada sebagian tugas dokter kandungan yang bisa dicoba bidan. Berikut sebagian di antara lain:

1. Menolong persalinan normal

Kurikulum pembelajaran bidan menekankan pada proses kehamilan dan persalinan yang bertabiat natural. Oleh karena itu, bidan mempunyai wewenang buat menolong persalinan wajar, tidak berisiko, dan tidak ada aspek penyulit.

Keberadaan bidan sendiri sesungguhnya membuat beban kerja dokter kandungan sedikit menurun, sehingga mereka lebih bisa memprioritaskan persalinan pada ibu berbadan dua berisiko besar ataupun yang hadapi komplikasi.

“ Jadi, sepanjang kehamilan sehat dan tidak ada hal- hal yang membatasi proses persalinan wajar, hingga Kamu bisa melahirkan dengan dorongan bidan,” tutur dokter. Fiona.

2. Mengedukasi tentang kehamilan, kelahiran, dan perawatan bayi

Secara universal, tugas seseorang bidan merupakan menolong para ibu semenjak masa kehamilan sampai melahirkan. Berbekal ilmu pengetahuannya semasa riset dan pengalamannya muncul di tengah warga, bidan bisa membagikan pengetahuan yang lumayan terpaut kehamilan, kelahiran, sekalian perawatan balita.

Bila ada persoalan seputar perihal tersebut namun enggan berangkat ke rumah sakit dan membuat janji ataupun antre lumayan lama, tidak butuh sungkan buat bertanya dengan bidan yang aplikasi di dekat tinggal Kamu.

3. Sediakan layanan konsultasi perencanaan keluarga dan kehamilan

Kamu yang baru saja menikah dan mau merancang program kehamilan yang cocok dengan keadaan Kamu dan pendamping, bisa pula mengonsultasikannya kepada bidan.

Bidan hendak membagikan anjuran terpaut obat- obatan, santapan, dan kegiatan yang bisa melancarkan program berbadan dua. Apalagi, ibu berbadan dua hendak dibantu dalam merancang kelahiran.

Bila di tengah jalur nyatanya ada keadaan kesehatan tertentu yang mewajibkan ibu berbadan dua dirujuk ke dokter kandungan, bidan juga hendak melaksanakannya demi kebaikan Kamu.

4. Melaksanakan pengecekan sepanjang masa kehamilan, baik raga ataupun psikis

Periksakan keadaan raga dan psikis ibu berbadan dua beserta pertumbuhan janinnya tidak hanya bisa dicoba oleh dokter kandungan, namun bisa pula oleh bidan. Jadi, apabila Kamu belum menciptakan dokter kandungan yang sesuai ataupun dokter kandungan di rumah sakit terdekat senantiasa penuh antrean, bidan pula kualifikasi hendak perihal ini.

Memeringati Hari Bidan Nasional warga butuh lebih mengidentifikasi profesi ini beserta tugas dan tanggung jawabnya. Peruntukan momen ini selaku pengingat betapa mulianya profesi bidan buat tingkatkan mutu kesehatan ibu dan anak di bermacam daerah di Indonesia.

Tidak ada patokan spesial kalau ibu berbadan dua wajib memilah dokter kandungan ataupun bidan dikala menjelang persalinan. Ada berbagai perihal yang bisa jadi pertimbangan. Satu perihal yang butuh dimengerti, ada sebagian tugas dokter kandungan yang pula bisa dicoba oleh bidan.

Dikala memilah bidan, yakinkan bidan tersebut telah mengantongi izin formal, dan mempunyai reputasi yang baik. Hendak lebih baik lagi apabila Kamu menciptakan bidan yang menerima kerja sama dengan pihak penyedia asuransi kesehatan dan siap sedia melayani ibu berbadan dua kapan juga, spesialnya dikala keadaan darurat terjalin.