4 Tips Memaksimalkan Waktu Kerja di Rumah

4 Tips Memaksimalkan Waktu Kerja di Rumah

Sekarang ini banyak orang yang di PHK kemudian banting stir mencari pekerjaan sampingan di rumah yang bisa dikerjakan secara santai tanpa terikat oleh waktu misalkan menjahit, kemudian membuat kue dan masih banyak yang lainya.

Waktu kerja di rumah sendiri ini terkadang menjadikan kita lalai dan banyak membuang waktu tanpa ada hasil yang maksimal karena memang tidak ada tekanan dari kantor.

Sebaliknya karena terlalu serius kerja di rumah sendiri akan membuat anda lupa waktu, lupa makan, lupa olahragra.

Tentu kondisi ini berbahaya dan bisa menimbulkan dampak timbulnya penyakit akibat kerja yang tidak mengenal waktu istirahat karena bagaimanapun tubuh kita butuh relkasasi dan penyegaran serta pemanasan atau olahraga ringan dengan rutin

Oleh karena itu kami akan mencoba bagikan tips dalam memaksimalkan waktu kerja di rumah dengan maksimal mungkin.

  • Buat jadwal kerja

Yang pertama adalah anda mulai memposisikan diri anda sedang bekerja di kantor. Mulailah membuat jadwal kerja rutin dan jalankan dengan penuh disiplin. Misalkan jam 7 anda sudah berada di tempat kerja.

Kemudian jam 11 anda sudah mengantarkan hasil kerja anda kepada konsumen yang sedang menunggu hasil kerja anda misalkan dalam bidang pembuatan kue. Tentu saja dalam perjalanan ini anda tidak akan di cover oleh asuransi manapun berbeda ketika anda kerja di kantor sudah di cover oleh perusahaan.

Maka dari itu, meskipun kerja di rumah ada baiknya anda juga memikirkan kesalamatan anda misalkan dengan mencoba mencari lagi agen asuransi kecelakaan kerja yang anda percayai mengingat setiap hari anda selalu mengantarkan makanan dengan 2 sampai 3 jam perjalanan misalkan.

  • Tentukan target

Kendati anda bekerja sendiri bersama keluarga maka tidak ada salahnya anda menentukan target hasil yang akan anda dapatkan.

Misalkan 1 bulan kedepan anda harus bisa menjual 1000 pcs kue basah dalam 1 minggu.

Dengan target seperti ini akan memicu anda semakin semangat bekerja meskipun tidak memiliki kantor resmi intinya harus tetap disiplin pada diri sendiri dan jujur terhadap peraturan yang anda buat sendiri.

Dalam menentukan target juga anda harus rasional, jangan terlalu tinggi kalau tidak kesampaian nanti akan bedampak pada kinerja anda bisa jadi akan malas jualan lagi dan lain sebagainya yang membuat kondisi ekonomi semakin terpuruk.

  • Lakukan evaluasi berkala

Waktu kerja di rumah memang tidak mengenal waktu, anda bisa saja mulai bekerja pada sore hari, malam hari dan mulai berhenti ketika orang sudah mulai terelelap dalam tidurnya.

Namun jangan sampai anda lupakan yang namanya evaluasi hasil kerja sendiri. Ini akan memberikan anda jawaban apa yang sudah anda lakukan selama hari ini, kemudian apa hasilnya apakah ada peningkatan dari sisi penjualan atau stagnan dan malah berkurang.

Jika stagnan dan kurang maka anda bisa memikirkan cara dalam mengatasinya ke esokan harinya. Ini juga perlu anda sharing bersama pasangan atau mencari masukan kepada rekan anda yang seprofesi dengan usaha yang anda jalankan.

  • Manajemen uang

Terakhir anda juga harus pintar dan sadar akan pentingnya pengelolaan finansial meskipun kerja di rumah saja.

Tanpa adanya perhatian pada manajemen perputaran uang, modal dan alokasi laba ini akan membuat usaha anda susah dalam berkembang.

Pisahkan uang keuntungan anda menjadi beberapa bagian. Misalkan 20% untuk investasi, kemudian 30% untuk makan, 10% untuk sodakoh dan sisanya bisa anda putar untuk modal lagi alokasi dana untuk hiburan memang penting namun alangkah bijaknya anda dapatkan dari passive income anda.