Bagi pelaku bisnis pemula, anda mungkin saat ini tengah mempertimbangkan untuk mencoba usaha on-line. Pasalnya aktivitas transaksi on-line belakangan memang semakin marak dilakukan. Bahkan hampir semua bisnis sudah go on-line untuk menjangkau lebih banyak konsumen. Namun supaya transaksi berjalan dengan aman, sebaiknya ikuti beberapa tips berikut ini.

Tips Bertransaksi Secara On-line Bagi Pelaku Bisnis

1. Kenali Profil Pelanggan

Ketika menjalankan sebuah bisnis, anda pasti sudah mempunyai target market tertentu bukan ? Bisa dibilang bahwa target market dan segmentasi pasar memang menjadi pondasi dalam menjalankan usaha. Maka dari itu, penting bagi anda untuk mengenali profil pelanggan yang menjadi target tersebut.

Dengan begitu maka anda nantinya bisa menentukan strategi pemasaran seperti apa yang cocok diterapkan untuk menjangkau pelanggan yang masuk ke dalam target pasar. Mengenal profil pelanggan dan mampu menjangkau sesuai target di sini akan membantu anda terhindar dari risiko pelanggan palsu.

2. Gunakan Kurir dengan Layanan Terbaik

Jika anda melakukan transaksi on-line, tentu produk yang dipesan oleh pelanggan kemudian harus dikirim menggunakan ekspedisi. Agar aman dan tidak membuat konsumen kecewa, sebaiknya pilih kurir dengan layanan terbaik. Sebab tidak bisa dipungkiri bahwa masih sering ditemukan kasus barang sampai sudah rusak akibat dari jasa kirim.

Dan ada saja pelanggan yang tidak terima, kemudian justru menyalahkan penjual. Meskipun sudah diberi warning bahwa paket yang sudah dikirim bukan tanggung jawab penjual lagi. Namun karena terkadang ada konsumen yang demikian, maka sebaiknya pilih jasa ekspedisi yang mampu memberikan layanan terbaik.

3. Pastikan Kualitas Produk

Memastikan produk mempunyai kualitas yang baik adalah keharusan, baik bagi bisnis on-line maupun offline. Karena untuk mendapatkan kualitas, biasanya para pelanggan tidak akan ragu untuk bertransaksi dan mengeluarkan biaya lebih. Jadi kenali terlebih dahulu detail produk yang anda jual sebelum memasarkannya. Sehingga anda bisa menjawab secara lengkap dan jelas apabila ada pelanggan yang bertanya.

4. Pakai Payment Gateway

Layanan payment gateway adalah sistem yang wajar digunakan di era digital seperti sekarang. Layanan tersebut memungkinkan transaksi on-line dapat berjalan lebih mudah dan praktis. Itu karena payment gateway menawarkan banyak pilihan metode pembayaran bagi pelanggan, kemudian mampu menyalurkannya ke satu rekening milik toko.

Selain itu, keamanan anda dalam melakukan transaksi akan lebih terjamin di sini. Pasalnya sistem payment gateway dibuat dengan mempertimbangkan beberapa aspek keamanan ketat. Sehingga pembayaran tidak bisa dilakukan tanpa seizin pemilik kaun. Dan penjual sendiri bisa langsung menghubungi penyedia layanan selama 24 jam apabila menemui kendala.

Beberapa tips di atas bisa anda terapkan apabila ingin menciptakan bisnis on-line dengan transaksi yang aman. Khususnya gunakan layanan payment gateway untuk menunjang proses pembayaran yang lebih praktis. Salah satunya seperti payment gateway Duitku, yang menawarkan berbagai macam pembayaran dari pelanggan dan sudah berlisensi resmi dari Bank Indonesia.