3 Tingkatan Roasting Coffee

3 Tingkatan Roasting Coffee

Salah satu hal yang mempengaruhi nikmat tidaknya sebuah kopi yaitu dari baik benarnya proses roasting yang dilakukan. Proses roasting coffee  atau yang disebut sangrai kopi merupakan rangkaian proses pengolahan kopi sebelum kopi diseduh dan diminum.

Setelah biji kopi matang dan sudah waktunya untuk dipanen, maka tahapan pertama yang harus dilakuakn yaitu mencucinya terlebih dahulu dan melewati proses pengeringan. Setelah itu biji kopi akan  disangrai atau melewati proses roasting.

Secara umum, terdapat 3 tingkatan roasting kopi yang berbeda-beda. Setiap tingkatan roasting kopi yang berbeda tentu akan memberikan cita rasa dan aroma kopi yang juga berbeda-beda. Setiap penikmat kopi tentu memiliki seleranya masing-masing.

Roasting Coffee Tingkat Light Roast

Pada tingkatan light roast dapat menghasilkan kopi dengan cita rasa yang lebih asam serta aroma sangrainya juga masih belum terlalu harum. Biji kopi akan mengembang sedikit dalam beberapa menit setelah roasting. Light roast sendiri merupakan proses roasting dengan tingkat kematangan yang rendah.

Warna biji kopi light roast akan memiliki warna coklat terang, biji kopi cenderung kering serta warna minyak yang tidak muncul karena proses pemanggangan yan sebentar saja dengan suhu 180 – 205 derajat celcius. Setelah suhu mencapai 205 derajat celcius maka proses roasting dihentikan. Kopi light roast memiliki kafein dan tingkat keasaman yang tinggi. Maka dari itu kopi ini cocok bagi yang menyukai rasa kopi yang kuat dan mencolok karena cenderung earthy, citrusy, dan buttery.

Roasting Coffee Tingkat Medium Roast

Kopi medium roast memiliki cita rasa yang terasa lebih manis dan juga aroma roastinya lebih tercium. Hal ini karena biji kopi mengeluarkan banyak asap menjadikan biji kopi juga memiliki warna yang lebih hitam, berminyak, dan juga kandungan gula yang berkarbonasi. Medium roasting merupakan salah satu tingkat roasting yang paling sering digunakan.

Meskipun berminyak, namun permukaan biji kopi tidak mengeluarkan minyak. Medium roast menggunakan kisaran suhu 210 – 220 derajat celcius di mana pada suhu tersebut hanya terjadi first crack saja. Tingkat kafeinnya lebih rendah dibandingkan light roast serta tingkat keasaman yang merata.

Roasting Coffee Tingkat Dark Roast

Dark roast merupakan tingkatan kopi paling matang dan apabila melebihi tingkatan ini maka kopi akan cenderung kurang enak. Warna biji kopi dark roast akan lebih gelap. Biji kopi akan mengeluarkan minyak di permukaannya. Rasa kopi juga akan cenderung pahit tergantung varian kopi yang dibuat. Dark roast menggunakan suhu 240 derajat celcius dan disangrai hingga terjadi second crack.

Apabila anda ingin membuat kopi di rumah atau di kantor, tidak perlu lagi repot roasting coffee karena sudah ada Nescafe Dolce Gusto baik itu mesin dan kapsulnya. Kapsul Dolce Gusto dibuat dengan biji kopi berkualitas serta proses pengolahan yang diawasi sehingga menghasilkan aroma dan rasa kopi yang nikmat.