Hasil Pemasangan Behel Tidak Sesuai Waktu, Apakah Anda Melakukan Hal Ini?

Harga kawat gigi disesuaikan dengan jenis dan kualitasnya. Keduanya menentukan pada hasil serta durasinya. Dan untuk mengetahuinya, diperlukan konsultasi dengan dokter yang sudah berpengalaman.

Beberapa orang memimpikan untuk mendapati gigi yang lebih rapi, putih dan sehat. Masalahnya, tidak semua orang dianugerahi dengan impian tersebut. Faktanya, banyak juga orang yang memiliki gigi tak rata.

Solusinya adalah mengenakan behel. Behel ini sudah tersedia di pasaran. Bahkan ditawarkan dengan mudahnya oleh para penjual dan dokter ahli. Yang Anda perlukan cuma datang di dokter ahli agar hasilnya lebih baik.

Namun ada beberapa kasus dimana pasien sudah memasang behel di dokter, tapi hasil yang dicapai belum maksimal. Apa yang sebenarnya terjadi? Mari simak ulasannya secara lengkap di bawah ini!

Durasi Pemasangan Behel Menurut Dokter

Langkah pertama yang wajib dilakukan calon pemasang behel adalah konsultasi ke dokter gigi. Ini sangat krusial untuk mendukung pada perawatan sekaligus pemasangan. Bahkan pemilihan jenis behel yang sesuai dengan kebutuhan pasien.

Harga kawat gigi sendiri beragam. Tergantung jenis yang direkomendasikan dokter pada Anda. Biasanya sudah sepaket dengan biaya pemasangan sehingga Anda cukup mempersiapkan dana yang dijelaskan oleh dokter.

Nah, konsultasi ini biasanya meminta pasien untuk melakukan serangkaian uji coba. Salah satunya adalah memeriksa kebersihan gigi. Kemudian memastikan apakah ada masalah awal seperti lubang gigi atau tidak.

Jika didapati lubang atau masalah seperti plak, dokter akan menanganinya terlebih dahulu. Karena itu adalah sumber masalah yang bisa menggagalkan pemasangan behel. Bahkan juga turut mempengaruhi hasil yang dicapai nantinya.

Setelah itu, dokter meminta pasien untuk menggigit cetakan gigi sesui ukuran rahangnya. Di sini, dokter akan melihat kerapatan sekaligus ketepatan posisi gigi melalui foto rontgen. Foto inilah yang akan menjadi patokan tentang langkah apa yang akan diambil.

Dengan kata lain, dokter sudah tahu jenis behel yang akan dipasang. Kemudian akan membuat sebuah perencanaan. Mulai dari pemasangannya sampai durasi penggunaannya.

Lamanya pemakaian ini disesuaikan dengan tingkat keparahan. Begitu pula ditentukan oleh jenis behel yang digunakan. Rata-rata, durasinya di antara 9-24 bulanan. Tergantung pada jenis behel itu sendiri.

Yang Menggagalkan Hasil Di Waktu Yang Ditentukan

Ketika dokter memilihkan behel, Anda sebenarnya sudah diberikan informasi mengenai lamanya pemakaian. Namun terkadang, waktu yang ditentukan tidak sesuai. Kecil kemungkinan kalau kesalahan datang dari dokter. Kemungkinannya Anda melakukan beberapa hal ini.

  • Kurang Menjaga Kebersihan

Sewaktu Anda mengenakan behel, Anda sangat diwajibkan untuk menjaga kebersihannya. Kebersihan ini diwajibkan untuk meminimalkan karang gigi. Secara, karang gigi ini mudah terbentuk dan bisa mengeras.

Ketika pengerasan karang terjadi dan semakin tebal, ada tekanan khusus yang membuat gigi tidak berubah sesuai yang dikehendaki. Akibatnya, behel ini tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Dengan kata lain, Anda gagal memperoleh hasil.

  • Tidak Rutin Memeriksakan Diri

Kesalahan yang kedua adalah memandang sebelah mata tentang pemeriksaan rutin. Anda tidak melakukannya sesuai yang direkomendasikan. Padahal, itu sangatlah dibutuhkan.

Perlu diingat bahwa kekencangan kawat ini akan selalu diatur. Misalnya ketika gigi mulai berubah posisinya, kawat akan semakin kendor. Di situlah dokter akan mengencangkan kembali untuk mendukung pergeseran gigi secara perlahan.

Bisa dibayangkan jika hal ini tidak dilakukan, gigi akan berada di posisi yang salah. Ketika dibuka behelnya, gigi berubah posisi tapi terlihat lebih berantakan. Melihat potensi kegagalan, Anda sebaiknya menghindari hal-hal yang memicu kegagalan tersebut. Rajinlah membersihkan gigi dan rutin melakukan pemeriksaan. Kemudian jangan lupa untuk menggunakan behel kualitas terbaik seperti yang ditawarka oleh https://rata.id/. Meskipun harga kawat gigi ini mahal, tapi ini sebanding dengan hasilnya.