Bangunan Rumah Jadi Tidak Awet Karena Rayap? Ini Dia Beberapa Senjata Jitu Usir Rayap

Rumah yang tidak dirawat dengan baik, lama-kelamaan akan mengalami kerusakan. Kerusakan tersebut bisa jadi karena faktor alam. Salah satunya disebabkan oleh gangguan rayap? Anda tentu sudah tahu dan kenal dengan hewan pengganggu yang satu ini bukan? Meskipun memiliki tubuh yang kecil seperti semut, namun rayap tidak bisa disepelekan begitu saja. Hewan kecil ini bisa membentuk kerusakan yang cukup besar jika dibiarkan dalam waktu lama. Apalagi jika koloni rayap sudah banyak, maka tidak butuh waktu lama, rumah anda akan rusak dan tidak akan awet berdiri kokoh.

Rumah-rumah yang rentan terhadap rayap, biasanya merupakan rumah yang berdiri di atas tanah subur atau berada pada lingkungan yang cuacanya sering lembab. Contohnya adalah di Mojokerto, Jawa Timur. Namun bagi anda yabg tinggal di Mojokerto, anda tidak usah khawatir. Saat ini sudah ada jasa anti rayap Mojokerto yang siap melayani anda kapan saja anda mau untuk membantu mengatasi rayap membandel di rumah anda.

Selain dapat mengandalkan jasa anti rayap, anda juga bisa menggunakan cara-cara yang lebih sederhana dan alami untuk melakukan pembasmian rayap. Mungkin sebagian dari anda berfikir bahwa bahan-bahan alami tidak terlalu ampuh dalam mengusir rayap. Namun persepsi tersebut salah besar. Masih ada bahan-bahan alami yang justru mampu secara ampuh mengusir rayap hingga seluruh koloni dapat tertuntaskan. Alhasil rayap tidak lagi kembali melakukan serangan.

Nah, bagi anda yang ingin mencoba menggunakan senjata bahan alami ampuh untuk melenyapkan rayap, maka berikut di bawah ini bisa anda simak beberapa pilihan bahannya :

  • Tanah Diatom

Mungkin sebagian dari anda ada yang sudah mengenal dan ada pula yang belum pernah mendengar mengenai tanah diatom. Faktanya, tanah diatom adalah senjata yang teramat jitu untuk melenyapkan rayap lo. Saat rayap ditaburi tanah ini, maka ia akan mengering dan dalam beberapa waktu kemudian, rayap bisa terkikis lantas musnah begitu saja. Luar biasa bukan? Selain ditabur pada sarang koloni rayap, anda juga bisa menaburkan tanah diatom ini ke seluruh lingkungan rumah secara mengeliling. Dengan cara ini, rayap akan takut dan susah masuk ke dalam rumah untuk melakukan serangannya.

  • Cacing nematoda

Cacing nematoda merupakan jenis cacing yang biasanya menjadi pakan ikan. Namun ternyata dibalik itu, cacing ini memiliki kemampuan yang luar biasa untuk membasmi rayap. Cacing ini akan bekerja memakan serangga rayap dan koloni-koloninya. Alhasil, rayap akan terbinasakan semua dan tak tersisa. Anda bisa mencari cacing ini sendiri di sekitar rumah anda. Namun jika dirasa sudah menemukan cacing nematoda, maka anda bisa membeli cacing ini di toko yang menjual pakan ikan.

  • Larutan cairan kapur sirih

Kapur sirih memang dipercaya dapat membasmi rayap. Namun tidak hanya rayapnya saja yang akan musnah. Kapur sirih juga mampu membasmi larva atau telur rayap. Hasilnya, koloni rayap akan bersih dari rumah anda tanpa bersisa. Untuk membuatnya anda hanya perlu mencampur kapur sirih dengan air, lantas disemprotkan pada bagian-bagian yang memang rentan ditempati sebagai sarang rayap.

Nah, 3 jenis bahan alami di atas bisa anda jadikan sebagai sengaja yang paling ampuh untuk menuntaskan rayap hingga bersih dari rumah anda. Masih ada banyak pilihan bahan alami yang bisa menjadi jalan ampuh usir rayap. Namun anda bisa mencoba terlebih dulu menggunakan bahan-bahan di atas. Selain mudah dan murah didapatkan, bahan-bahan diatas juga sudah sangat dijamin keamanannya karena tidak mengandung bahan kimiawi.